Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Think Talk Write terhadap materi menulis teks negosiasi kelas X-OTKP SMK Negeri 1 Sogae’adu. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu (quasi) dengan desain nonequivalent control group design, Prosedur pelaksanaan penelitian ini yaitu : (1) melaksanakan pre-test (tes awal), (2) melaksanakan perlakuan atau tindakan, dan (3) melaksanakan post-test (tes akhir). Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X-OTKP yang terbagi dalam dua kelas yakni, kelas X-OTKP 1 berjumlah 30 siswa dan kelas X-OTKP 2  berjumlah 30 siswa total populasi ialah 60 orang, dan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling (sampel kelompok). Berdasarkan seluruh pengujian yang dilakukan, dapat di simpulkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write memiliki pengaruh pada hasil belajar siswa menulis teks negosiasi, dapat diketahui pada hasil uji hipotesis yang memperoleh hasil thitung dengan hasil 7,052 >  ttabel dengan hasil 2,000, maka Ho “ditolak” dan Ha “diterima”, dengan demikian dapat ditarik kesimpulan bahwa “terdapat pengaruh pada model pembelajaran Think Talk Write terhadap  hasil belajar menulis teks negosiasi peserta didik kelas X-OTKP SMK Negeri 1 Sogae’adu”. Diharapkan pada peneliti selanjutnya menggunakan penelitian ini sebagai tambahan wawasan untuk melaksanakan penelitian
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025