Jurnal Cahaya Edukasi
Vol 2 No 2 (2025): Jurnal Cahaya Edukasi: April

Implementasi Program Agama Keagamaan dan Pendalaman Kitab di Salah Satu Sekolah Dasar Purwakarta

Hasanah, Alifah Nur (Unknown)
Alindra, Afridha Laily (Unknown)
Zulfikar, Faizal (Unknown)
Riyanawati, Fany (Unknown)
Amelia, Sri (Unknown)
Alfiah, Zhaharani (Unknown)
Kholifah, Siti Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 May 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pelaksanaan program Agama, Keagamaan, dan Pendalaman Kitab (AKPK) sebagai upaya penguatan pendidikan karakter di SDN 1 Tegal Munjul, Purwakarta. Program AKPK merupakan bagian dari kebijakan pemerintah Kabupaten Purwakarta yang difokuskan untuk memperkuat nilai-nilai religius siswa, membentuk sikap toleransi, serta menanamkan kebiasaan perilaku religius sejak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan angket tertutup. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan program AKPK memberikan dampak yang positif terhadap semangat belajar, rasa percaya diri, serta penguatan kompetensi religius serta sosial peserta didik. Program ini dinilai sesuai dengan kebutuhan siswa serta mampu mendukung proses pembelajaran menjadi lebih bermakna dan menyenangkan. Dukungan sekolah serta peran aktif guru sangat menentukan keberhasilan pelaksanaan program ini. Selain itu, temuan menunjukkan bahwa pelatihan berkelanjutan bagi tenaga pendidik diperlukan untuk mempertahankan efektivitas dan konsistensi pada pelaksanaan program AKPK. Dengan demikian, program AKPK diharapkan dapat menjadi model praktik baik dalam membentuk karakter siswa secara holistik melalui pendekatan keagamaan yang inklusif dan juga toleran. Rekomendasi dari penelitian ini meliputi perlunya evaluasi berkala, penguatan peran keluarga, serta sinergi antara sekolah, pemerintah, dan masyarakat dalam mendukung pendidikan karakter yang berkelanjutan. Secara jangka panjang, program ini diharapkan mampu menciptakan ekosistem pendidikan yang tidak hanya berfokus pada aspek kognitif, tetapi juga spiritual, emosional, dan sosial peserta didik secara menyeluruh. Program ini juga dapat dijadikan sebagai strategi dalam membangun generasi muda yang berintegritas tinggi, memiliki empati sosial, serta mampu beradaptasi dengan dinamika kehidupan beragama di tengah masyarakat yang majemuk serta multikultural.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jce

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on publishing research and community service results in the field of education. It aims to provide a platform for academics, researchers, and practitioners to share innovative ideas, scientific findings, and best practices that contribute to the development of education at all ...