Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru sekolah dasar di Muhammadiyah Karangturi Yogyakarta, serta faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kinerja guru sekolah dasar di Muhammadiyah Karangturi Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif-analitik. Untuk mendapatkan data peneliti terjun langsung ke lapangan (field research). Dalam menganalisis data, peneliti secara bertahap menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Selain itu dalam menganalisis kinerja guru-peneliti menggunakan prosedur pengindeksan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah dalam perannya sebagai pimpinan tertinggi di lembaga ini berdampak positif terhadap peningkatan kinerja guru SD di Muhammadiyah Karangturi. Ini terbukti bahwa (a) Guru siap untuk mengimplementasikan kurikulum baru. (b) Guru menggunakan strategi pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif. (c) Guru dapat mengevaluasi pembelajaran siswa dengan persyaratan kurikulum yang berlaku, yaitu aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. (d) Guru tidak hanya mengajar materi tetapi juga tanggung jawab moral.
Copyrights © 2025