JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Perspektif Orang Tua terhadap Bimbingan Belajar Anak dalam Persiapan Masuk Pra-SD

Fadila, Sisca Nurul (Unknown)
Asnan, Anisa Putri (Unknown)
Alfilail, Safira Nur (Unknown)
Maylani, Wina (Unknown)
Mutholib, Abdul (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perspektif orang tua terhadap peran bimbingan belajar dalam mempersiapkan anak memasuki jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD). Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, data diperoleh melalui wawancara mendalam terhadap empat orang tua yang memiliki anak usia 5–6 tahun dan mengikuti program bimbingan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas orang tua memandang bimbingan belajar sebagai sarana penting untuk mendukung perkembangan kognitif, sosial, dan emosional anak. Bimbingan belajar juga dianggap membantu kesiapan anak dalam menghadapi tuntutan akademik dan sosial di SD. Namun, efektivitas program sangat bergantung pada keterlibatan aktif orang tua serta kualitas interaksi dengan lembaga bimbingan. Penelitian ini menekankan pentingnya pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan tahap perkembangan anak serta sinergi antara orang tua dan lembaga pendidikan nonformal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...