Artikel ini membahas pentingnya penggunaan video interaktif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) guna meningkatkan kualitas dan efektivitas proses belajar-mengajar. Seiring perkembangan zaman dan kemajuan teknologi, dibutuhkan pendekatan yang kreatif, interaktif, dan relevan, seperti pemanfaatan media digital, metode pembelajaran aktif, serta integrasi nilai-nilai keislaman dalam kehidupan sehari-hari. Inovasi ini bertujuan untuk membangkitkan minat belajar, memperkuat pemahaman materi, serta membentuk karakter dan akhlak peserta didik secara menyeluruh. Guru PAI memiliki peran sentral dalam merancang dan mengimplementasikan strategi inovatif agar proses pembelajaran menjadi lebih bermakna dan kontekstual. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Fokus utama penelitian adalah bagaimana video interaktif memengaruhi kemampuan siswa dalam mempraktikkan wudhu secara tepat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran interaktif dapat meningkatkan pemahaman konseptual dan keterampilan praktik wudhu siswa secara signifikan. Video mampu menjelaskan langkah-langkah wudhu secara visual dan menarik, sehingga siswa lebih mudah mengingat dan menirukan gerakan. Kontribusi utama dari penelitian ini adalah memberikan bukti bahwa integrasi media interaktif dalam pembelajaran PAI tidak hanya meningkatkan aspek kognitif, tetapi juga psikomotorik. Inovasi ini dapat menjadi model pembelajaran yang efektif dan aplikatif bagi guru PAI dalam menghadirkan proses belajar yang lebih bermakna dan menyenangkan.
Copyrights © 2025