Konsep Wahdatul Ulum menekankan integrasi antara ilmu agama dan ilmu umum sebagai kesatuan pengetahuan yang berasal dari Tuhan Yang Maha Esa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh Wahdatul Ulum terhadap kesehatan mental, khususnya dalam konteks pendidikan Islam. Dengan mengkaji dimensi spiritual dan epistemologis Wahdatul Ulum, penelitian ini menyoroti bagaimana pendekatan holistik dapat memperkuat keseimbangan emosional, sosial, dan spiritual individu. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil analisis menunjukkan bahwa integrasi ilmu dan iman dalam paradigma Wahdatul Ulum berperan signifikan dalam membentuk ketahanan mental peserta didik, mengurangi stres, memperkuat makna hidup, dan menumbuhkan karakter positif. Konsep ini menawarkan solusi komprehensif atas tantangan psikososial di era modern, dan layak dijadikan pijakan dalam pembentukan kurikulum berbasis nilai-nilai spiritual dan kemanusiaan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025