Jurnal Pengabdian Sosial
Vol. 2 No. 8 (2025): Juni

Pelatihan Penggunaan Model Pembelajaran Yang Berorientasi Pada Peserta Didik

Rahmi, Ayu (Unknown)
Juliana, Eka (Unknown)
Fonna, Mutia (Unknown)
Zahara, Syarifah Rita (Unknown)
Alvina, Sirry (Unknown)
Fitriani, Henni (Unknown)
Fakhrah, Fakhrah (Unknown)
Nufus, Hayatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2025

Abstract

Guru merupakan elemen kunci dalam dunia pendidikan. Ia memainkan peran utama dalam proses pembelajaran di setiap satuan pendidikan. Kesiapan guru dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran yang tepat sangat menentukan keberhasilan proses belajar mengajar. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas profesional guru dalam memilih dan menerapkan model pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik. Mitra sasaran dalam kegiatan ini adalah 40 orang guru dari SMA Negeri 2 Bireuen, Aceh. Pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu persiapan dan koordinasi, penyampaian materi, diskusi interaktif, serta evaluasi hasil pelatihan. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah ceramah interaktif (direct instruction) dan diskusi (dialog), yang memungkinkan guru untuk memahami konsep serta berbagi pengalaman secara langsung. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa 87% responden merasa pelatihan ini sangat membantu, 8% menyatakan membantu, 4% sedikit membantu, dan 1% tidak memberikan dampak berarti. Mayoritas peserta menunjukkan antusiasme tinggi dan berkomitmen untuk menerapkan materi dalam pembelajaran di kelas. Dengan demikian, pelatihan ini dinilai efektif dalam mendorong guru untuk merancang pembelajaran yang lebih inovatif dan berpusat pada siswa, serta berkontribusi terhadap peningkatan kualitas pembelajaran secara umum.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jps

Publisher

Subject

Religion Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Sosial published every month (12 times a year), contains disseminates every thought and idea on the results of research and the use of technology to be implemented to the public, including field of science; Mathematics and Natural Sciences, Applied, Social, Law, Culture, Economics, ...