Renjana Pendidikan Dasar
Vol 5 No 2 (2025): Edisi Mei 2025

ANALISIS KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA: KE ARAH STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR

Widodo, Arif (Unknown)
Karma, I Nyoman (Unknown)
Zain, Muhammad Irawan (Unknown)
Umar, Umar (Unknown)
Amrullah, Lalu Wira Zain (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 May 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kebijakan sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan di sekolah dasar melalui implementasi kurikulum Merdeka. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan Teknik observasi dan wawancara. Data dikumpulkan dari delapan sekolah pada jenjang sekolah dasar di Kawasan ekonomi khusus mandalika Lombok Tengah. Informan dalam penelitian adalah guru, kepala sekolah dan pengawas sekolah. Tahapan penelitian terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data dilakukan sejak pengambilan data dilapangan hingga penyusunan laporan penelitian. Keabsahan data dicek menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada lima kebijakan utama yang digunakan sekolah untuk meningkatkan mutu Pendidikan di sekolah dasar dalam kurikulum merdeka. Strategi yang digunakan antara lain membentuk komunitas belajar, optimalisasi platform edukasi, penguatan kolaborasi guru dalam satu fase, melakukan in house training, dan membangun kolaborasi dengan lembaga eksternal. Temuan penelitian ini dapat menjadi bahan rujukan bagi sekolah dasar secara umum untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam implementasi kurikulum merdeka di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

renjana

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Renjana Pendidikan Dasar merupakan wadah publikasi artikel-artikel hasil penelitian mahasiswa dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup model pembelajaran pendidikan dasar, evaluasi pembelajaran pada pendidikan dasar, strategi pembelajaran, media ...