PEDAGOGIKA
Vol 14 No 2 (2023): Vol 14 No 2 (2023): Oktober

Strategi Pembinaan Generasi Muda Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam

Rezkiah, Laila Tri (Unknown)
Amelia, Dwi Putri (Unknown)
Hafizzullah, Anugerah Akbar (Unknown)
Jaya, Rian Atma (Unknown)
Idrus, Muhammad (Unknown)
Winsidi, Winsidi (Unknown)
Shabran, Shabran (Unknown)
Zamzam, Muhammad (Unknown)
Hidayatullah, M Rizki (Unknown)
Dahirin, Dahirin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembinaan generasi muda dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Bukit Asam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru PAI dan peserta didik, serta dokumentasi kegiatan keagamaan. Teknik analisis data melalui tahapan pengumpulan data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil dan pembahasan bahwa strategi pembinaan dilakukan secara terintegrasi melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler, dan pembinaan nonformal, seperti mentoring rohani, program tahfidz, pesantren kilat, serta pemanfaatan media digital. Keteladanan guru, pendekatan persuasif, dan pelibatan aktif siswa menjadi kunci dalam membentuk kesadaran religius. Strategi ini terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi dan pemahaman keagamaan siswa. Namun, keberhasilan pembinaan masih menghadapi tantangan seperti perbedaan latar belakang siswa dan kurangnya dukungan lingkungan luar sekolah. Penelitian ini merekomendasikan perlunya strategi pembinaan yang berkelanjutan, kolaboratif, dan kontekstual untuk memperkuat kualitas PAI di lingkungan sekolah menengah

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pedagogika

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The PEDAGOGIKA with registered number ISSN p-2086-4469, ISSN e-2716-0580 is a collection of educational scientific articles, especially in the fields of educational sciences such as Educational Management, Guidance and Counseling, Primary/Elementary and Teacher Education, Early Childhood and Teacher ...