PEDAGOGIKA
Vol 15 No 1 (2024): Vol 15 No 1 (2024): April

Strategi Pedagogik Guru Dalam Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa

Lidia, Lidia (Unknown)
Efendi, M. Erham (Unknown)
Hamka, Nazarudin (Unknown)
Agustri, Ranjes (Unknown)
Idrus, Muhammad (Unknown)
Winsidi, Winsidi (Unknown)
Shabran, Shabran (Unknown)
Zamzam, Muhammad (Unknown)
Hidayatullah, M Rizki (Unknown)
Dahirin, Dahirin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pedagogik yang diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam meningkatkan partisipasi belajar siswa di SDN 01 Tanjung Enim. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data, yakni pengumpulan data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI menerapkan berbagai strategi, seperti diskusi kelompok, simulasi ibadah, penggunaan media digital, pembelajaran berbasis proyek, dan pendekatan naratif melalui kisah-kisah nabi. Strategi ini mampu menciptakan suasana pembelajaran yang kontekstual, menyenangkan, dan membangun keterlibatan siswa secara aktif. Selain itu, pendekatan humanis dan kolaborasi dengan orang tua turut memperkuat hasil pembelajaran. Dengan demikian, strategi pedagogik yang inovatif dan adaptif dapat meningkatkan partisipasi serta pemahaman keagamaan siswa secara menyeluruh

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedagogika

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The PEDAGOGIKA with registered number ISSN p-2086-4469, ISSN e-2716-0580 is a collection of educational scientific articles, especially in the fields of educational sciences such as Educational Management, Guidance and Counseling, Primary/Elementary and Teacher Education, Early Childhood and Teacher ...