Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 2 (2025)

Pelatihan Penggunaan Aplikasi Maktabah Syameela Pada Pondok Pesantren Darul Ulum Kabupaten Mandailing Natal

Amiruddin, Amiruddin (Unknown)
Aini, Syaripah (Unknown)
Afriza, Nugraha Andri (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian masyarakat dengan judul "Pelatihan Penggunaan Aplikasi Maktabah Syamela" bertujuan untuk meningkatkan literasi digital di kalangan santri dan guru pesantren Darul Ulum kabupaten Mandailing Natal. Maktabah Syamela merupakan aplikasi pustaka digital yang kaya akan koleksi kitab-kitab klasik dalam berbagai disiplin ilmu Islam. Namun, keterbatasan pemahaman terkait penggunaan aplikasi ini sering menjadi kendala dalam memaksimalkan manfaatnya.Pelatihan dilaksanakan melalui beberapa tahapan, yaitu pemaparan materi tentang fungsi dan fitur Maktabah Syamela, demonstrasi penggunaan aplikasi, dan sesi praktik langsung. Metode pendekatan yang digunakan meliputi ceramah interaktif, diskusi kelompok, serta pendampingan individu. Kegiatan ini diikuti oleh 170 peserta yang berasal dari santri juga guru pesantren Darul Ulum kabupaten Mandailing Natal . Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pelatihan ini berhasil meningkatkan kemampuan peserta dalam menggunakan aplikasi Maktabah Syamela secara efektif, dengan peningkatan rata-rata pemahaman sebesar 85% berdasarkan evaluasi pre-test dan post-test. Peserta juga memberikan respons positif terkait relevansi materi pelatihan dengan kebutuhan mereka dalam studi maupun pengajaran. Pelatihan ini memberikan dampak signifikan dalam mendukung kegiatan belajar-mengajar berbasis literatur digital, serta membuka peluang lebih luas untuk mengakses pengetahuan Islam secara modern.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...