IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 3 No. 3 (2025): 2025

Pengembangan Teknologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Nilai Islam di MTs Al-Khoirot

Sholihah (Unknown)
Khoridatul Bahiyah (Unknown)
Sita Acetylena (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Transformasi digital dalam pendidikan menghadirkan tantangan dan peluang baru, termasuk dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang menuntut keseimbangan antara inovasi teknologi dan penguatan nilai-nilai keislaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan teknologi dalam pembelajaran PAI di MTs. Al-Khoirot, mengidentifikasi integrasi nilai Islam dalam media digital, serta mengungkap tantangan dan peluang dalam proses tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologis. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, yang dianalisis melalui pendekatan tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknologi telah dimanfaatkan secara efektif dalam pembelajaran PAI melalui media interaktif dan aplikasi Islami. Guru berhasil mengintegrasikan nilai-nilai aqidah, akhlak, dan ibadah dalam konten digital yang kontekstual. Meski menghadapi kendala seperti keterbatasan perangkat dan literasi digital, kolaborasi antarguru dan dukungan kelembagaan mampu mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini memberikan implikasi terhadap pengembangan kurikulum PAI yang adaptif dan berbasis nilai dalam ekosistem pendidikan digital berbasis pesantren

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ihsan

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Fokus dan Ruang Lingkup Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam menerima naskah asli yang tidak diterbitkan dalam bahasa Indonesia atau Inggris, berdasarkan penelitian dari metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, campuran, atau metodologi apa pun yang terkait dengan ...