Pemanfaatan media pembelajaran yang berbasis benda nyata sangat penting untuk mempermudah pemahaman konsep biologi, khususnya materi klasifikasi serangga. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penyuluhan dan praktik pembuatan insektarium kepada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Naman Teran sebagai media edukatif dalam pembelajaran IPA. Kegiatan dilakukan selama enam hari melalui metode ceramah, diskusi, demonstrasi, dan praktik langsung. Penyuluhan meliputi pengenalan jenis-jenis serangga, teknik pengawetan sederhana, serta penyusunan insektarium. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa siswa antusias dan mampu membuat insektarium sederhana dari serangga yang dikoleksi di lingkungan sekitar sekolah. Media insektarium yang dihasilkan berfungsi membantu siswa memahami ciri-ciri morfologi dan pengelompokan serangga sesuai klasifikasi. Dengan demikian, penyuluhan ini berkontribusi meningkatkan keterampilan dan pemahaman siswa terhadap konsep klasifikasi serangga.
Copyrights © 2025