Jurnal Abdimas Berdaya : Jurnal Pembelajaran, Pemberdayaan dan Pengabdian Masyarakat
Vol 8, No 2 (2025): Jurnal Abdimas Berdaya

Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality bagi Guru MGMP Bahasa Arab Kabupaten Malang

Ramadhan, Mochammad Rizal (Unknown)
Khasairi, Moh. (Unknown)
Alfan, Muhammad (Unknown)
Khoirunnisa, Tsania (Unknown)
Hasanah, Samudra Mutiara (Unknown)
Sampurno, Tri Anggara Medhi (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Sep 2025

Abstract

Pembelajaran bahasa Arab di Indonesia perlu disesuaikan dengan tuntutan zaman agar peserta didik dapat mengembangkan keterampilan yang komprehensif dalam berbahasa. Pendekatan multiliterasi menawarkan solusi untuk meningkatkan akses dan pemahaman siswa terhadap berbagai sumber belajar, termasuk teks tradisional dan teknologi digital. Program pengabdian ini bertujuan untuk membangun nuansa multiliterasi pada guru-guru Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Arab di Kabupaten Malang dengan mengimplementasikan Innovative Sharaf Textbook Integrated Augmented Reality Quartet Card Game (SAMIL). Program ini melibatkan 35 guru dari MGMP Bahasa Arab Kabupaten Malang. Kegiatan dimulai dengan observasi terhadap masalah yang dihadapi guru dan siswa dalam pembelajaran sharaf, khususnya rendahnya motivasi belajar dan keterbatasan media pembelajaran yang inovatif. Pelatihan dan pendampingan dilaksanakan, meliputi penggunaan media SAMIL berbasis teknologi AR untuk mendukung pembelajaran sharaf. Hasilnya, guru-guru mampu menerapkan media pembelajaran ini dengan lebih efektif, sementara siswa menunjukkan peningkatan motivasi dan pemahaman. Media berbasis AR juga mendukung pengembangan literasi digital dan visual, yang penting dalam pembelajaran bahasa Arab di era globalisasi. Program ini berhasil meningkatkan nuansa multiliterasi dan memberikan inovasi baru dalam pembelajaran bahasa Arab di sekolah

Copyrights © 2025