Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 5 No 3 (2025): Vol. 5 No. 3 Edisi Agustus 2025

PENGEMBANGAN E-MODUL PENDIDIKAN PANCASILA KELAS IV SD/MI BERBASIS KEARIFAN LOKAL

Niswah, Rodiatun (Unknown)
Handayani, Tutut (Unknown)
Shawmi, Ayu Nur (Unknown)
Samiha, Yulia Tri (Unknown)
Wibowo, Djoko Rohadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media e-modul Pendidikan Pancasila kelas IV SD/MI berbasis kearifan lokal yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan tes. Validasi ahli materi dengan hasil persentase sebesar 88% dengan kategori sangat valid. Validasi ahli media dengan hasil persentase sebesar 91,25% dengan kategori sangat valid. Validasi ahli bahasa dengan hasil persentase sebesar 80% dengan kategori Valid. Angket uji coba one to one memperoleh hasil persentase sebesar 100% dengan kategori Sangat Praktis. Angket uji coba small group diperoleh hasil persentase sebesar 91,51% dengan kategori sangat praktis. Nilai N-Gain yang diperoleh sebesar 0,7172 dengan kategori tinggi. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa media e-modul Pendidikan Pancasila kelas IV SD/MI berbasis kearifan lokal layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...