Journal of Law, Education and Business
Vol 3, No 1 (2025): April 2025

Pengaruh Motivasi Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Sejarah Pemikiran Ekonomi Mahasiswa Pendidikan Ekonomi

Meiriza, Mica Siar (Unknown)
Selfiana, Selfiana (Unknown)
Novianty, Novianty (Unknown)
Sinurat, Melvany Agustini (Unknown)
Abdan, Abdan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana kemandirian belajar dan motivasi mempengaruhi hasil belajar mahasiswa Pendidikan Ekonomi STAMBUK B 2022 Universitas Negeri Medan. Pengambilan sampel purposif digunakan untuk memilih sampel sebanyak 30 responden untuk pendekatan kuantitatif, yang melibatkan pengumpulan data melalui survei Google Forms. Regresi berganda digunakan untuk menganalisis data, dan hasil uji F mengungkapkan bahwa nilai F yang dihitung sebesar 2,380 lebih kecil dari nilai F tabel sebesar 3,35. Ini menunjukkan bahwa kemandirian belajar dan motivasi tidak secara signifikan mempengaruhi hasil belajar, mendukung hipotesis nol. (H0). Studi ini menunjukkan bahwa elemen tambahan yang tidak diteliti dalam studi ini memiliki dampak yang lebih besar pada hasil belajar siswa. Diharapkan bahwa studi ini akan memberikan wawasan untuk menciptakan teknik pembelajaran yang lebih sukses.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jleb

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Journal of Law, Education, and Business dengan nomor terdaftar E-ISSN 2988-1242 (online) dan P-ISSN 2988-604X (Cetak) adalah jurnal akses terbuka ilmiah yang diterbitkan oleh CV Rayyan Dwi Bharata. JLEB bertujuan untuk mempublikasikan hasil penelitian asli dan review hasil penelitian tentang: 1. ...