Penguatan kompetensi guru dalam penulisan karya ilmiah berbasis digital menjadi aspek penting dalam meningkatkan profesionalisme dan kualitas pendidikan. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun karya ilmiah dengan memanfaatkan teknologi digital. Kegiatan ini dilaksanakan melalui forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di MTsN 2 Tidore, dengan pendekatan Service Learning (SL) yang mengombinasikan pelatihan teoritis, praktik langsung, serta pendampingan intensif. Program ini terdiri dari tiga tahap utama, yaitu pengenalan konsep penulisan ilmiah, pelatihan penggunaan alat bantu digital, dan pendampingan penyusunan karya ilmiah. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman peserta sebesar 75%, dengan 85% peserta telah memahami standar sitasi ilmiah setelah pelatihan. Sebanyak 25 guru berhasil menyusun abstrak dan pendahuluan karya ilmiah, serta 10 guru melanjutkan penulisan artikel ilmiah lengkap. Efektivitas penggunaan alat bantu digital juga meningkat, di mana 90% peserta lebih mudah mengelola referensi menggunakan Mendeley/Zotero, serta 80% peserta mampu menggunakan Turnitin dan Grammarly untuk pengecekan kualitas tulisan mereka. Selain itu, sebagai langkah keberlanjutan, dibentuk Kelompok Belajar Literasi Akademik (KBLA) sebagai wadah diskusi dan pendampingan bagi guru. Kegiatan ini berhasil meningkatkan kapasitas guru dalam menulis karya ilmiah serta mendorong budaya akademik yang lebih kuat di lingkungan madrasah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025