Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 12 No. 2 (2024): Oktober 2024

Pengaruh Media Ajar Scramble Untuk Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar

dianty, maulida prima (Unknown)
Aini, Intan Nur (Unknown)
Larasati, Andini (Unknown)
Ardiyanti, Sekar Dwi (Unknown)
Ismaya, Erik Aditya (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran scramble terhadap kemampuan membaca siswa kelas 1 SD Negeri Gajah 1, Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini adalah pre experimental design dengan desain penelitian yang digunakan one group Pre-Test Post-Test design. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri Gajah 1, yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes membaca, kemudian dianalisis menggunakan paired sample T test dengan bantuan IBM SPSS. Berdasarkan metode analisis data yang digunakan, Sig Asymp (2-tailed) sebesar 0,000 dan nilai t hitung sebesar 22,770 > t tabel 1,7640. Oleh karena itu Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut berarti terdapat pengaruh positif yang signifikan setelah penerapan metode pembelajaran scramble terhadap kemampuan membaca siswa kelas 1 SD Negeri Gajah 1, Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar is an academic journal that published all the studies in the areas of education, learning, teaching, curriculum development, learning environments, teacher education, educational technology, educational developments from various types of research such as surveys, ...