Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M)
Vol. 1 No. 3 (2020)

Pembelajaran Kontekstual Dalam Mewujudkan Merdeka Belajar

Suhartoyo, Eko (Unknown)
Wailissa, Sitti Ainun (Unknown)
Jalarwati, Saika (Unknown)
Samsia, Samsia (Unknown)
Wati, Surya (Unknown)
Qomariah, Nur (Unknown)
Dayanti, Elly (Unknown)
Maulani, Imas (Unknown)
Mukhlish, Imam (Unknown)
Rizki Azhari, Muhammad Holqi (Unknown)
Muhammad Isa, Hidayatulloh (Unknown)
Maulana Amin, Ilham (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2020

Abstract

Gagasan merdeka belajar yang disampaikan oleh Mendikbud bahwa salah satunya adalah pembelajaran itu harus menyenangkan, tidak membuat peserta didik merasa tertekan, peserta didik bebas memilih arah kreatifitas mereka sendiri. Adapun peran seorang guru tidak lagi menjadi satu satunya sumber belajar, sebaliknya seorang guru yang dapat membantu peserta didik menemukan bakat mereka sendiri. Desa Sukorejo masih banyak memiliki lingkungan yang pure belum banyak diubah oleh teknologi, kemerdekaan belajar dapat diwujudkan melalui pembeljaran kontekstual learning dengan cara guru menggunakan pendekatan humanis. Peserta didik di berikan materi yang hubungannya dekat dengan lingkungan mereka. Kemerdekaan belajar memang seharusnya diterapka dilingkungan belajar peserta didik, karena hal ini sangat menentukan output sekolah, terlebih jika peserta didik dipandang sebagai insan kamil, bukan sebauh robot yang harus memenuhi perintah tuannya sama persis 100%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JP2M

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) dengan nomor registrasi ISSN 2721-5156 (cetak) 2721-5148 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmu yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Malang. Jurnal Ini mencakup banyak masalah secara umum ...