Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 9, No. 4 (Oktober 2025)

Analisis Penerapan Pendekatan Tematik Berbasis Keterampilan Abad 21 dalam Pembelajaran Science Berbahasa Inggris di Sekolah Bilingual

Wahyuni, Hilda (Unknown)
Rizko, Ulfatur (Unknown)
Firdaus, Yuliana Izdihar (Unknown)
Bukhori, Imam (Unknown)
Susilawati, Samsul (Unknown)
Wibowo, Agus Mukti (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2025

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era globalisasi menuntut dunia pendidikan untuk menyesuaikan diri dengan kebutuhan keterampilan abad ke-21. Salah satu pendekatan yang dinilai efektif untuk mendukung hal tersebut adalah pendekatan tematik berbasis keterampilan abad 21, khususnya di sekolah bilingual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan tematik berbasis keterampilan abad 21 dalam pembelajaran Science berbahasa Inggris di SDIT Plus Aulia Kids School, Medan, serta mengidentifikasi kendala dan upaya yang dilakukan dalam penerapannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan tematik diterapkan dengan mengaitkan materi Science pada tema-tema yang relevan dengan kehidupan siswa, didukung oleh buku Cambridge dan berbagai media pembelajaran interaktif. Pembelajaran dirancang berbasis student-centered dan project based learning, yang melatih keterampilan berpikir kritis, kreativitas, komunikasi, dan kolaborasi siswa (4C skills). Penggunaan bahasa Inggris dilakukan secara mix language untuk memudahkan pemahaman siswa. Secara umum, penerapan pendekatan ini efektif dalam meningkatkan pemahaman materi dan keterampilan abad 21 siswa, meskipun masih terdapat kendala dalam hal keterbatasan kosakata siswa, perbedaan kemampuan berbahasa Inggris, keterbatasan waktu. Untuk mengatasi kendala tersebut dapat melakukan beberapa strategi yaitu, meningkatkan kosakata bahasa inggris siswa, berlatih komunikasi dengan bahasa inggris, pengelompokan siswa secara heterogen, dan pemanfaatan Teknologi. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan model pembelajaran di sekolah bilingual lainnya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...