E-JUPEKhu
Vol 13, No 2 (2025)

Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata Melalui Media Digital Flipbook pada Peserta Didik Disabilitas Intelektual Sedang

Juniarti, Veni (Unknown)
Tsaputra, Antoni (Unknown)
Budi, Setia (Unknown)
Yuliana, Syari (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan seorang peserta didik disabilitas intelektual yang belum mampu membaca kata padahal peserta didik sudah berada di kelas XI SMALB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas media digital flipbook dalam meningkatkan kemampuan membaca kata. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen Single Subject Research (SSR) menggunakan desain A-B-A. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 19 April sampai 06 Mei 2025. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik disabilitas intelektual di kelas XI SLB Negeri 1 Sungai Pagu.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tiga sesi awal (A1), kemampuan membaca kata peserta didik tetap stabil yaitu 30%. Setelah dilakukan intervensi menggunakan media digital flipbook (B) selama tujuh sesi, kemampuan peserta didik meningkat yaitu 80%. Selanjutnya pada tiga sesi kedua (A2), kemampuan peserta didik menunjukan stabilitas yaitu 90%. Dengan demikian, penggunaan media digital flipbook  terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca kata pada peserta didik disabilitas intelektual sedang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jupekhu

Publisher

Subject

Education

Description

JUPPEKhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of special education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Early Intervention of Children with Special Needs 2) Identification and Assessment of Children with Special Needs 3) ...