Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penggunaan permainan Scramble Words dalam pembelajaran kosakata bahasa Inggris. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya antusias dan penguasaan kosakata siswa akibat metode pembelajaran yang dianggap kurang menyenangkan dan interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek siswa kelas tujuh di SMPN 5 Makassar sebanyak 20 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, lembar kerja siswa, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Scramble Words membantu meningkatkan semangat belajar siswa, memperkaya kosakata mereka, serta membuat proses pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. Sebanyak 85% siswa memperoleh nilai sangat baik dalam menyusun kosakata dan lebih dari 80% siswa memberikan respon sangat positif terhadap pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa permainan Scramble Words merupakan metode yang efektif dan menyenangkan dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris siswa.
Copyrights © 2025