Cendekia: Jurnal Pengembangan Kurikulum dan Pendidikan
Vol. 2 No. 2 (2025): Contemporary Challenges in Islamic Education

Pengaruh Powerpoint terhadap Minat Belajar Mahasiswa

Aini, Qurrotul (Unknown)
Nabilah, Nadiah Yusfi (Unknown)
Afkarina, Naura (Unknown)
Sa’adah, Wardhatus (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh penggunaan media audiovisual (PowerPoint) terhadap minat belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kampus IAD Probolinggo. Di era digital, PowerPoint telah terbukti efektif sebagai media pembelajaran yang mendukung penyampaian materi secara interaktif dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media PowerPoint sebagai Power point terhadap minat belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam di Institut Ahmad Dahlan (IAD) Probolinggo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksplanatori, melibatkan 30 responden yang dipilih secara purposive. Instrumen penelitian diuji validitas dan reliabilitasnya dengan hasil yang memenuhi syarat (r hitung > r tabel, Cronbach's Alpha > 0,60). Analisis regresi linier sederhana menunjukkan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,774, yang berarti bahwa penggunaan PowerPoint berkontribusi sebesar 77,4% terhadap peningkatan minat belajar mahasiswa. Hasil ini membuktikan bahwa PowerPoint sebagai Power point mampu meningkatkan ketertarikan, motivasi, dan keterlibatan aktif mahasiswa dalam proses pembelajaran mata kuliah keagamaan. Penelitian ini memberikan kontribusi praktis bagi dosen dalam mengoptimalkan penggunaan PowerPoint untuk mendukung pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan di lingkungan Prodi PAI. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Cendekia: Jurnal Pengembangan Kurikulum dan Pendidikan is dedicated to advancing scholarly understanding and practical insights into curriculum design and educational strategies in Indonesia. Our journal serves as a critical platform for researchers, educators, and policymakers to explore innovative ...