Abdimas Dewantara
Vol 7 No 1 (2024)

Pelatihan Internet of Things (IoT) dalam peningkatan kompetensi siswa multimedia di SMK Perguruan Buddhi

Akbar, Junaidi (Unknown)
Rino, Rino (Unknown)
Safitri, Ramona Dyah (Unknown)
Lasut, Desiyanna (Unknown)
Hariyanto, Susanto (Unknown)
Fenriana, Indah (Unknown)
Daniawan, Benny (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2024

Abstract

Pelatihan Internet of Things (IoT) menjadi bagian penting dalam pengembangan kompetensi siswa jurusan multimedia di SMK Perguruan Buddhi. Era digital menuntut adanya pemahaman mendalam terhadap integrasi teknologi dan IoT menjadi pondasi utama dalam menghadapi tantangan tersebut. Tujuan pelatihan ini untuk meningkatkan keterampilan teknis dan kreativitas melalui integrasi IoT. Metode pelatihan mencakup serangkaian persiapan, pelaksanaan dan evaluasi. Pelatihan dirancang khusus untuk memahamkan siswa pada konsep-konsep dasar IoT, pengembangan perangkat keras dan aplikasi berbasis IoT, pelatihan ini diikuti oleh 32 peserta, hasil dari pelatihan ini melalui responden peserta dengan mengisi angket kuesioner, dari segi pengenalan coding didapat nilai 100% peserta telah mengenal coding, segi pengenalan IoT didapat nilai 37% mengenal IoT dan 63% belum mengenal IoT, segi pemaparan materi IoT menarik atau jelas 97% dengan jelas dan 3% tidak jelas, segi ketertarikan belajar IoT lebih lanjut 72% dengan ingin melanjutkan dan 28% tidak ingin melanjutkan. Peserta antusias menyelesaikan project - project yang diberikan dalam mengikuti pelatihan, serta mereka mendapatkan pengetahuan dan kemampuan baru terkait dengan teknologi IoT dan implementasinya.   Internet of Things (IoT) training improving the competence of multimedia students SMK Perguruan Buddhi   Abstract: Internet of Things (IoT) training is an important part of developing the competence of students majoring in multimedia at SMK Perguruan Buddhi. The digital era requires a deep understanding of technology integration, and IoT is the main foundation for facing these challenges. This training aims to improve technical skills and creativity through IoT integration. The training method includes preparation, implementation, and evaluation. The training was specifically designed to familiarize students with the basic concepts of IoT, hardware development, and IoT-based applications. Thirty-two participants attended this training. The respondents, by filling out a questionnaire in terms of the introduction of coding obtained a value of 100% of participants knew coding, terms introduction to IoT obtained a value of 37% knew IoT and 63% did not know IoT, terms of exposure to IoT material interesting or clear 97% with clear and 3% not clear, terms of interest in learning further IoT 72% with want to continue and 28% do not want to continue. Participants were enthusiastic about completing the projects given in the training, and they gained new knowledge and skills related to IoT technology and its implementation.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

abdimasdewantara

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Abdimas Dewantara menerbitkan memuat tulisan-tulisan hilirisasi penelitian pada organisasi masyarakat, industri, serta instansi-instansi terkait dalam rangka peningkatanpartisipasi masyarakat dalam pembangunan, pemberdayaan masyarakat dan atau pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat. Artikel ...