JGK (Jurnal Guru Kita)
Vol. 9 No. 4: September 2025

Penerapan Aplikasi Wordwall dalam Meningkat Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Sekolah Dasar

Maulidina, Annisa Putri Azalia (Unknown)
Agasi, Agil (Unknown)
Wardah, Fika Riehah (Unknown)
Abdillah, Muhammad Zulfan (Unknown)
Makkiyah, Nurul (Unknown)
Aisyah, Siti (Unknown)
Rahmawati, Ika Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi seberapa efektif penggunaan aplikasi Wordwall dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas IV di SDN Pejagan 7 Bangkalan. Penelitian ini menerapkan metode kuantitatif dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda, dengan teknik pengumpulan data melalui pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan skor rata-rata dari 53,98 menjadi 83,17, dengan nilai N-Gain rata-rata sebesar 0,634 yang termasuk kategori sedang. Uji t berpasangan menunjukkan nilai signifikansi 0,000, yang mengindikasikan peningkatan hasil belajar yang signifikan setelah penggunaan aplikasi Wordwall. Media ini terbukti efektif meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan pemahaman siswa terhadap materi matematika. Dengan demikian, Wordwall dapat menjadi alternatif media pembelajaran digital yang inovatif dan relevan untuk diterapkan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jgkp

Publisher

Subject

Arts Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Guru Kita contains writings from the results of research, education, lerning, science, culture, technology, language, art, social, phenomena, and community ...