Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media fotonovela berbasis pendidikan karakter terhadap minat belajar dan penguasaan konsep IPA fisika pada kelas VIII SMPN 2 Kabawo Muna. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan desain kontrol non-ekuivalen. Instrumen yang digunakan yaitu untuk minat belajar menggunakan kuisioner dan untuk penguasaan konsep menggunakan soal pilihan ganda. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling sehingga diperoleh 2 kelas yaitu VIIIA sebagai kelas eksperimen dan VIIIB sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Independent Samples t-test melalui SPSS 21. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media fotonovela terhadap minat belajar siswa yang terlihat pada nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Penguasaan konsep media fotonovela juga berpengaruh yaitu pada nilai signifikansi 0,002 < 0,05. Hasil ini menunjukkan bahwa media fotonovela berbasis pendidikan karakter mampu meningkatkan minat belajar dan penguasaan konsep IPA fisika.
Copyrights © 2023