Fatih: Journal of Contemporary Research
Vol. 2 No. 1 (2025): January-June

Operasionalisasi Fungsi-fungsi Manajemen dan Unsur-unsur Manajemen dalam Lembaga Pendidikan

Dedik (Unknown)
Annisa Hasanah Nasution (Unknown)
Cindri Madelta (Unknown)
Siti Khairuna Salwa Lubis (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini membahas penerapan fungsi-fungsi manajemen dan unsur-unsur manajemen dalam konteks lembaga pendidikan. Fungsi-fungsi manajemen yang diulas mencakup perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengarahan (actuating), dan pengawasan (controlling), yang kesemuanya merupakan elemen penting dalam mencapai tujuan institusi pendidikan. Selain itu, makalah ini juga membahas unsur-unsur manajemen yang terdiri dari manusia (man), uang (money), bahan/material (material), metode (method), mesin (machine), pasar (market), dan waktu (minutes), serta bagaimana ketujuh unsur tersebut berperan dalam proses pengelolaan lembaga pendidikan. Studi ini menyoroti bahwa efektivitas operasional manajemen sangat menentukan kualitas layanan pendidikan. Namun dalam praktiknya, banyak lembaga pendidikan menghadapi kendala seperti kurangnya kompetensi SDM, keterbatasan fasilitas dan teknologi, serta permasalahan pendanaan. Oleh karena itu, diperlukan penguatan manajemen pendidikan yang lebih sistematis dan adaptif terhadap dinamika zaman. Penulisan makalah ini bertujuan untuk memberikan pemahaman konseptual serta strategi aplikatif dalam mengoptimalkan fungsi dan unsur manajemen pendidikan. Hasil pembahasan menunjukkan pentingnya sinergi antara manajerial yang profesional dengan kebijakan pendidikan yang mendukung agar tercipta lembaga pendidikan yang efektif, efisien, dan berorientasi pada mutu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

fatih

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Education Other

Description

The focus and scope of Fatih Journal of Contemporary Research is on various issues in multidisciplinary fields, both as material objects and formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners, and observers of interdisciplinary studies to publish their research results in ...