Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu bentuk implementasi program pengabdian kepada masyarakat. Salah satu aspek penting dalam pelaksanaan KKN adalah evaluasi terhadap kinerja mahasiswa selama menjalankan program tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja mahasiswa KKN berdasarkan persepsi Dosen Pembimbing Lapangan dan tokoh masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif untuk mengukur dan menggambarkan sejauh mana mahasiswa KKN dinilai berhasil menjalankan tugas dan perannya di masyarakat. Data dikumpulkan melalui beberapa metode yaitu kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penilaian dari dosen pembimbing lapangan dan tokoh masyarat, kinerja mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan di Desa Bargottopong secara umum berada pada kategori “Baik” hingga “Sangat Baik”. Nilai tertinggi diperoleh dari aspek etika yaitu dengan skor 6,7 hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa mampu menjaga sikap, norma, dan sopan santun selama menjalankan kegiatan KKN. Beberapa aspek lain seperti inovasi, kreativitas, kemampuan memecahkan masalah masih berada dalam kategori baik. Skor ini menunjukkan bahwa mahasiswa telah menjalankan tugasnya dengan baik, namun masih terdapat ruang untuk peningkatan.
Copyrights © 2025