JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPAS Materi Keunikan Kebiasaan di Daerahku Kelas IV UPT SDN 060910 Medan Denai

Ritonga, Dita Aidana (Unknown)
Juwita, Putri (Unknown)
Ningsih, Ayu Melati (Unknown)
Hartati, Sri (Unknown)
Khoiriah, Nikmatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pendekatan CRT dan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi keunikan kebiasaan masyarakat di sekitarku kelas IV UPT SDN 060910 Medan Denai. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek yang digunakan pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN 060910 Medan Denai yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data berupa analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil belajar aspek pengetahuan siswa pada mata pelajaran matematika meningkat cukup signifikan dari siklus I (51%) ke siklus II (82%). Peningkatan hasil belajar aspek keterampilan siswa pada siklus I (68) ke siklus II menjadi (80). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan CRT mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...