JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 8 No. 3 (2024)

Optimalisasi Pembelajaran PPKn melalui Metode PjBL untuk Meningkatkan Minat Siswa di SMP HKBP Sidorame

Aritonang, Adelina M. (Unknown)
Sihombing, Eka Putriani (Unknown)
Nababan, Iwain Oktaviona (Unknown)
Hasibuan, Mantasia (Unknown)
Simanullang, Seevaira Chyta (Unknown)
Yunita, Sri (Unknown)
Jamaludin, Jamaludin (Unknown)
Sihaloho, Oksari Anastasya (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2024

Abstract

“ Optimalisasi Pembeljaran PPKn melalui metode PJBL untuk meningkatkan minat siswa di smp HKBP Sidorame”. Pembelajaran berbasis proyek (project-based learning) di jenjang pendidikan dasar pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) menimbulkan beberapa problematika, di antaranya: Keterbatasan Waktu Pembelajaran: Pembelajaran berbasis project membutuhkan waktu yang cukup lama karena siswa harus mengembangkan project mereka secara bertahap. Adapun metode penelitian yang kami gunakan adalah metode kualitatif. Metodologi penelitian kualitatif adalah pendekatan yang digunakan untuk memahami fenomena sosial, perilaku, dan pengalaman manusia dari sudut pandang individu. Dalam penelitian kualitatif, metode pengumpulan data beragam, termasuk wawancara mendalam, diskusi kelompok, dan observasi partisipatif. Teknik ini memungkinkan peneliti untuk berinteraksi langsung dengan partisipan, mengungkap nuansa dan kompleksitas dalam pengalaman mereka. Tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji sejauh mana penerapan metode Project-Based Learning (PJBL) dalam pembelajaran PPKn dapat meningkatkan minat dan keterlibatan terhadap siswa SMA HKBP Sidorame. Meningkatkan Keterlibatan pembelajaran Siswa terhadap perubahan dalam tingkat keterlibatan dan partisipasi siswa selama proses pembelajaran PPKn dengan menggunakan metode PJBL.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...