Tekanan akademik merupakan salah satu tantangan yang umum dihadapi oleh mahasiswa, termasuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara dukungan teman sebaya dan tingkat stres akademik pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Metode deskriptif kualitatif digunakan dengan wawancara semi terstruktur kepada mahasiswa semester 1-7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dukungan teman sebaya, baik dukungan emosional maupun instrumental, memainkan peran penting dalam mengurangi stres akademik. Dukungan ini meningkatkan motivasi, pemahaman materi, dan kepercayaan diri mahasiswa. Namun, beberapa hambatan seperti rasa malu untuk meminta bantuan dan kekhawatiran bahwa hal tersebut dapat mengganggu waktu atau kesibukan teman masih menjadi tantangan yang sering dihadapi. Penelitian ini merekomendasikan penguatan program interaksi sosial untuk memaksimalkan peran dukungan teman sebaya sebagai salah satu upaya bagi mahasiswa dalam mengurangi stres akademik.
Copyrights © 2024