JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 1 (2025)

Analisis Kreativitas Guru dalam Merancang Media Pembelajaran di Sekolah SMP Negeri 2 Percut Sei Tuan

Manalu, Agnes Elizabeth (Unknown)
Sembiring, Anastasya (Unknown)
Jamaludin, Jamaludin (Unknown)
Gaol, Lammarito Lumban (Unknown)
Pakpahan, Pawer Erwin (Unknown)
Sinaga, Putriana (Unknown)
Yunita, Sri (Unknown)
Munthe, Yakinda (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kreativitas guru dalam merancang media pembelajaran di SMPN 2 Percut Sei Tuan. Kreativitas guru dalam menciptakan media pembelajaran sangat penting untuk meningkatkan pemahaman dan motivasi siswa dalam belajar. Namun, masih banyak guru yang menghadapi kendala dalam mengembangkan media pembelajaran yang inovatif, seperti keterbatasan waktu, kurangnya pengetahuan teknologi, serta minimnya fasilitas dan pelatihan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa banyak guru masih mengandalkan media pembelajaran yang kurang menarik bagi siswa. Faktor utama yang menghambat kreativitas guru adalah keterbatasan sumber daya dan kurangnya dukungan dalam pengembangan keterampilan teknologi. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan dan fasilitas yang lebih baik untuk mendorong guru dalam menciptakan media pembelajaran yang lebih inovatif. Dengan demikian, peningkatan kreativitas guru dalam merancang media pembelajaran diharapkan dapat memberikan pengalaman belajar yang lebih efektif dan menyenangkan bagi siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...