JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 2 (2025): Agustus

Validitas Media Pembelajaran Video Interaktif Berbantuan Edpuzzle pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas V SDN 20 Indarung

Tulljanah, Rahmia (Unknown)
Suhendra, Yoga (Unknown)
Ramadhini, Kurniati (Unknown)
Kharisma, Annisa (Unknown)
Apfani, Sry (Unknown)
Dahliana, Dina (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji validitas media pembelajaran video interaktif berbantuan Edpuzzle pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas V SDN 20 Indarung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan fokus pada tahap validasi. Data diperoleh melalui lembar validasi dari ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa, serta dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil validasi menunjukkan bahwa media memperoleh skor rata-rata 90% dari ahli materi dengan kategori sangat valid, 82,69% dari ahli media dengan kategori sangat valid, dan 75% dari ahli bahasa dengan kategori valid. Secara keseluruhan, tingkat validitas media ini mencapai rata-rata 83% dengan kategori sangat valid. Temuan ini menunjukkan bahwa media pembelajaran video interaktif berbantuan Edpuzzle layak digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Pancasila, karena mampu menghadirkan tampilan menarik, interaktif, dan sesuai dengan kompetensi dasar serta tujuan pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...