Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 22 No 02 (2025): Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling

Efektivitas Layanan Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Brainstorming dan Focus Group Discussion Untuk Mereduksi Perilaku Menyontek

Fadhilah, Laelatul (Unknown)
Afifah, Ishmah (Unknown)
Islamiati, Tiara Nurdian (Unknown)
Mramra, Pamela Vien Iriani Pratiwi (Unknown)
Faridaturrohmah, Mei Ayu (Unknown)
Dhelsia, Tina (Unknown)
Mudhar, Mudhar (Unknown)
Wasito, Dian Rachmawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2025

Abstract

Meskipun hanya sedikit siswa yang mengaku menyontek, perilaku ini tetap perlu diperhatikan. Penelitian ini bertujuan mengurangi perilaku menyontek pada siswa kelas VII-G SMP Negeri 6 Surabaya melalui layanan bimbingan klasikal dengan teknik brainstorming dan Focus Group Discussion (FGD). Menggunakan pendekatan PTBK dua siklus, hasil menunjukkan peningkatan signifikan skor posttest (rata-rata kenaikan 10,69; SD = 3,14; t(28) = -18,33; p < 0,001). Temuan ini membuktikan efektivitas layanan bimbingan klasikal dalam menumbuhkan kejujuran akademik dan pentingnya keterampilan sosial-emosional sebagai upaya preventif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

guidance

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Health Professions Social Sciences

Description

Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling is an open access journal and peer-reviewed that published either original article or reviews. this journal focuses on Guidance and Counseling Islamic, Counseling Multicultural, School Counseling, Counselor Education, Child and Adolescent Counseling, Adult ...