JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 15 No. 2 (2025): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Penerapan Model Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep pada Materi Getaran, Gelombang, Bunyi dan Sistem Pendengaran

Nur Rahmah (Unknown)
Nor Indriyanti (Unknown)
Jumriani, Jumriani (Unknown)
Aulia Rahmadhani (Unknown)
Besse Mutmainnah (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2025

Abstract

Pemahaman konsep merupakan aspek penting dalam pembelajaran IPA, terutama pada materi getaran, gelombang, bunyi, dan sistem pendengaran yang bersifat abstrak dan sulit dipahami siswa. Dalam memastikan agar siswa mampu menguasai konsep yang diajarkan, seorang guru diharuskan mempertimbangkan secara cermat model pembelajaran yang akan digunakan dalam kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan penguasaan konsep siswa setelah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Metode yang digunakan adalah pre-experimental design dengan desain one-group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 22 siswa kelas VIII di salah satu SMP di Kabupaten Wajo yang dipilih secara purposive sampling. Data dikumpulkan melalui tes pilihan ganda beralasan dan dianalisis menggunakan uji n-gain dan uji paired-samples t-test. Hasil menunjukkan nilai gain sebesar 0,67 berada pada kategori sedang dan uji t menghasilkan signifikansi 0,00 < 0,05 yang berarti terdapat peningkatan signifikan. Temuan ini menunjukkan bahwa model inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi yang diteliti.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...