Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 9 No. 3 (2024): Agustus

Project Citizen Dalam Membangun Civic Literacy Mahasiswa di Era Digital

Basariah, Basariah (Unknown)
Ismail, Mohammad (Unknown)
Rispawati, Rispawati (Unknown)
Jumrawati, Jumrawati (Unknown)
Edi, Maria Grace Putri (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2024

Abstract

Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pembelajaran proyek warga negara berbasis digital memengaruhi kemampuan berbahasa warga negara siswa di era kewarganegaraan digital (digital citizenship). Penelitian ini dilakukan melalui eksperimen semu yang menggunakan model pembelajaran proyek warga negara. Kelas eksperimen adalah kelas yang termasuk dalam program studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Penelitian ini melibatkan seluruh siswa semester dalam enam kelas, dengan dua sampel per kelas. Data dikumpulkan melalui metode observasi dan tes tertulis. Kemudian, data dianalisis dalam dua (dua) tahap: uji prasyarat dan uji hipotesis. Uji normalitas dan homogenitas adalah uji prasyarat, dan uji t menentukan apakah hipotesis memenuhi syarat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat dampak pada implementasi model proyek warga digital.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...