Jurnal Manajemen Pendidikan: Jurnal Ilmiah Administrasi, Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan
Vol. 7 No. 2 (2025): October Issue

Membangun Generasi Berkarakter melalui Budaya Organisasi: Studi Kasus SMA Negeri 9 Yogyakarta

Kania, Alifia (Unknown)
Devi, Savira (Unknown)
Hasan, Isnaini (Unknown)
Ramadhani, Aisyah (Unknown)
Arfinanti, Nurul (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2025

Abstract

Manajemen budaya organisasi penting untuk menciptakan lingkungan sekolah yang baik khususnya pada pembentukan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen budaya organisasi di SMA Negeri 9 Yogyakarta. Menggunakan pendekatan kualitatif, penelitian ini mendeskripsikan bagaimana manajemen budaya organisasi di sekolah tersebut dilakukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung ke sekolah, wawancara semi-terstruktur dengan wakil kepala sekolah, serta analisis dokumen terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi budaya organisasi di SMA Negeri 9 Yogyakarta didasarkan pada nilai-nilai visi dan misi sekolah. Manajemen budaya organisasi di SMA Negeri 9 Yogyakarta mengintegrasikan visi, misi, dan nilai-nilai organisasi ke dalam setiap aspek kegiatan sekolah. Dalam hal ini, kepala sekolah memegang peran penting dalam menetapkan, mengarahkan, dan mengkoordinasikan manajemen budaya organisasi tersebut. Selain itu, budaya organisasi mempengaruhi sikap warga sekolah secara positif dalam menciptakan lingkungan yang kondusif untuk pembelajaran dan pengembangan serta terhadap prestasi sekolah. Namun, penelitian ini juga menemukan tantangan internal berupa konflik dengan visi-misi sekolah serta tantangan eksternal dari kegiatan luar sekolah yang kurang mendukung pencapaian visi-misi. Dengan demikian, budaya organisasi di SMA Negeri 9 Yogyakarta berkontribusi signifikan terhadap pembentukan sikap warga sekolah dan peningkatan kualitas pendidikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jmp

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The journal’s focus is on the studies of management and leadership in schools. The scope: • School planning. • Program and project management in school. • School resources management. It includes management of educational personnel, curriculum, student affairs, school finance, infrastructure ...