Etno-STEM memungkinkan guru memadukan teknologi modern dengan nilai-nilai budaya lokal dalam pembelajaran. Pendekatan ini mengintegrasikan konsep STEM dengan kearifan lokal, menjadikan pembelajaran lebih relevan dan kontekstual bagi siswa. Penggunaan teknologi dengan mengintegrasikan nilai budaya masih menjadi tantangan untuk guru. Pengabdian masyarakat berupa Lokakarya Implementasi Pembelajaran Berbasis Etno-STEM hadir sebagai solusi atas kebutuhan akan pentingnya pemahaman dan keterampilan guru dalam merancang sampai dengan mengelola pembelajaran berbasis Etno-STEM khususnya di SDN Pemurus Baru 3 Banjarmasin. Pelaksanaan dilakukan dalam tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Melalui pelaksanaan lokakarya tersebut terlihat bahwa keaktifan peserta menunjukkan adanya reaksi positif dengan tingkat pemahaman materi yang signifikan terlihat dari hasil pretest dan posttest. Sedangkan peningkatan keterampilan guru dalam merancang bahan ajar ditujukkan dengan bahan ajar berbasis Etno-STEM yang telah dibuat oleh guru. Berdasarkan evaluasi terhadap kegiatan pengabdian ini terlihat peningkatkan kompetensi guru untuk mengintegrasikan teknologi dalam pembelajaran Etno-STEM.
Copyrights © 2025