PEDAMAS (Pengabdian Kepada Masyarakat)
Vol. 3 No. 06 (2025): NOVEMBER 2025

PENINGKATAN PENGETAHUAN POSTUR BELAJAR MELALUI PENYULUHAN ERGONOMI PADA SISWA SMPN 1 GILIRENG

Massakuta, Nana Aulia (Unknown)
Anggita, Sri Ayu (Unknown)
Jusriana, Andi (Unknown)
Idris, Ihfa Indira Nurnaifah (Unknown)
Primadi, Muhamad Baidhowi (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Nov 2025

Abstract

Kebiasaan postur belajar yang tidak tepat pada usia sekolah menengah merupakan salah satu faktor risiko utama munculnya keluhan muskuloskeletal dini, yang berdampak pada kesehatan jangka panjang. Aktivitas belajar di sekolah seringkali menuntut siswa untuk duduk dalam waktu yang lama sehingga terkadang tidak memperhatikan ergomonomis tubuh yang baik. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa SMPN 1 Gilireng terkait pentingnya postur belajar yang ergonomis. Kegiatan ini dimelibatkan 50 siswa kelas VII A dan VII B. Metode yang digunakan adalah pendekatan edukatif melalui penyuluhan dan demontrasi interaktif mengenai penting sikap ergonomis tubuh ketika belajar dan edukasi kepada guru maupun siswa untuk melakukan stretching di sela pembelajaran bila memungkinkan serta edukasi latihan lainnya dalam mencegah keluhan musculoskeletal dini. Hasil kegiatan menampilkan peningkatan pengetahuan dibuktikan dengan antusiasme siswa dalam sesi tanya jawab terkait postur belajar yang baik dan benar serta penerapan langsung oleh siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penyuluhan ergonomis terbukti apat meningkatkan kesadaran dan pengatahuan siswa mengenai pentingnya postur belajar yang benar.    

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JP

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Energy Engineering Health Professions Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Pekat PKM: Jurnal Ilmiah Pengabdian pada Masyarakat, so called as Jurnal Pekat, is a peer-reviewed journal to publish/disseminate scientific works and innovations in the form of scientific articles. This journal concerned with the practice and processes of community engagement. This journal accepts ...