Mudabbir: Journal Research and Education Studies
Vol. 5 No. 2 (2025): Vol. 5 No. 2 Juni-Desember 2025

Analisis Tantangan Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal di SMA Negeri 1 Medan Tahun Ajaran 2025/2026

Yuniastuti, Eni (Unknown)
Simaremare, Ermas (Unknown)
Simarmata, Claudia Grace Natasya (Unknown)
Gaol, Riski fani Lumban (Unknown)
Rahmadayanti, Rahmadayanti (Unknown)
Marpaung, Viviana (Unknown)
Bancin, Girang Stevani (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tantangan dalam implementasi Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) di SMA Negeri 1 Medan, khususnya pada pelaksanaan siklus PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan). Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam kepada Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum sebagai informan utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan SPMI di sekolah telah berjalan cukup baik dan memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas pembelajaran, khususnya melalui pemanfaatan teknologi seperti CBT dan e-raport. Namun demikian, terdapat sejumlah kendala, antara lain keterbatasan waktu guru, variasi pemahaman terhadap standar mutu, serta fasilitas teknologi yang belum optimal. Faktor-faktor tersebut berdampak pada kurang meratanya kualitas pelaksanaan siklus PPEPP. Penelitian ini menekankan pentingnya peningkatan kompetensi guru secara berkelanjutan, penguatan sarana teknologi, serta pengelolaan beban kerja guru untuk mendukung penerapan SPMI secara lebih efektif dan berkelanjutan di SMA Negeri 1 Medan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mudabbir

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of ...