Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara
Vol. 6 No. 4 (2025): Edisi Oktober - Desember

Debat Edukatif dan Permainan Interaktif Sebagai Media untuk Memotivasi Minat Belajar Bahasa Inggris Siswa SMA Negeri 26 Maluku Tengah

Que, Stella Rose (Unknown)
Nursanti, Rachmi Retno (Unknown)
Fienta, Annery (Unknown)
Ngadjen, Syahdania Aini (Unknown)
Notanubun, Fitri Faradila (Unknown)
Marasabessy, Halima (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Nov 2025

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini bertujuan meningkatkan kemampuan berbicara, berpikir kritis, serta motivasi dan kepercayaan diri siswa SMA Negeri 26 Maluku Tengah melalui debat edukatif dan permainan interaktif. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR) dengan tahapan planning, action, dan reflection. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan open, axial, dan selective coding. Hasil menunjukkan bahwa debat edukatif meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kepercayaan diri, sedangkan permainan interaktif memperkuat penguasaan kosakata dan menciptakan suasana belajar kolaboratif. Secara keseluruhan, kegiatan ini memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan keterlibatan dan motivasi belajar siswa serta menegaskan efektivitas pendekatan berbasis pengalaman dalam pembelajaran Bahasa Inggris.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpkm

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal JPkMN adalah jurnal yang diterbitkan oleh lembaga sistem informasi dan teknologi (SISFOKOMTEK) medan yang bertujuan untuk mewadahi tentang hasil pengabdian kepada masyarakat. JPkMN (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara) adalah wadah informasi berupa hasil pengabdian, studi ...