JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Penerapan Media Kreatif Digital dalam Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia di Kelas IV Mi Al-Khoiriyah Bicak II

Jayanti, Rani (Unknown)
Sholikah, Amilatus (Unknown)
Verawati, Amelia Amanda (Unknown)
Mayangsari, Salsa Devista (Unknown)
Hamidah, Adila Nisa (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penggunaan media kreatif digital terhadap keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV MI Al-Khoiriyah Bicak II. Media seperti Canva, Powtoon, dan video animasi digunakan untuk menciptakan pembelajaran yang lebih menarik, visual, dan interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 19 peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk mengukur keaktifan belajar dan dokumentasi nilai untuk mengukur hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar peserta didik memiliki tingkat keaktifan belajar yang tinggi saat pembelajaran menggunakan media kreatif digital. Analisis regresi menghasilkan nilai R Square sebesar 0,856 yang menunjukkan adanya hubungan sangat kuat antara keaktifan dan hasil belajar. Artinya, penggunaan media digital berkontribusi sebesar 85,6% terhadap peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia. Temuan ini menunjukkan media kreatif digital efektif menciptakan pembelajaran yang atraktif dan meningkatkan prestasi peserta didik..

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...