Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Penerapan Storyboard Digital Berbasis AI untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi

Sari, Diana Permata (Unknown)
Triaviranda, Triaviranda (Unknown)
Munthe, Esti Yolanda (Unknown)
Samosir, Jusca Santanovalina (Unknown)
Amalia, Nadra (Unknown)
Prihasti, Elly (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis puisi siswa akibat pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan kurang memfasilitasi imajinasi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan storyboard digital berbasis AI dalam pembelajaran puisi serta dampaknya terhadap motivasi dan kualitas tulisan siswa SMP. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa visualisasi pada storyboard digital membantu siswa menemukan ide, mengembangkan alur emosi, memilih diksi, dan menghasilkan puisi yang lebih ekspresif. Selain itu, keterlibatan dan antusiasme siswa meningkat selama proses pembelajaran. Kendala teknis seperti jaringan dan perangkat ditemukan, tetapi dapat diatasi dengan dukungan fasilitas sekolah. Secara keseluruhan, media storyboard digital berbasis AI efektif sebagai inovasi pembelajaran menulis puisi di era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...