cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. blitar,
Jawa timur
INDONESIA
Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and thinking about the development of education and learning, Science and Technology.
Arjuna Subject : -
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 3 (2019): Volume 4 Nomor 3, Agustus 2019" : 17 Documents clear
Penerapan Media Lectora Inspire Dan Aplikasi Wingeom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Materi Geometri Rizka Rizqi Robby; Ardhi Sanwidi
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 4, No 3 (2019): Volume 4 Nomor 3, Agustus 2019
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (225.318 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v4i3.358

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di UNU Blitar pada mahasiswa matematika tahun ajaran 2018/2019 untuk meningkatkan hasil belajar materi geometri bidang 3 dimensi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil belajar mahasiswa meningkat dari rata-rata kelas 62,3 menjadi 76,9, sehingga memenuhi kriteria minimal baik. Aktivitas mahasiswa meningkat dari 42% menjadi 80 %. Respon mahasiswa terhadap pembelajaran sangat baik, terbukti presentasi naik dari 40% menjadi 80%. Pembelajaran langsung dengan menggunakan media lectora inspire dan aplikasi wingeom dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa mahasiswa dalam matakuliah geometri bidang 3 dimensi.
Menanamkan Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Meningkatkan Jiwa Nasionalisme Peserta Didik dengan Teknik Gedrik yumanah yumanah
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 4, No 3 (2019): Volume 4 Nomor 3, Agustus 2019
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (144.384 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v4i3.353

Abstract

Modernisasi dan globalisasi membawa dampak positif dan negatif. Dampak negatif timbul karena menurunnya jiwa nasionalisme. Penanaman jiwa nasionalisme salah satunya melalui pembelajaran di sekolah dengan memberikan pendidikan karakter. Dalam artikel ini penulis memaparkan cara menanamkan karakter melalui pembelajaran Bahasa Indonesia pada kompetensi dasar menulis teks cerita sejarah dengan menggunakan teknik permainan Gedrik dan media mata uang kertas rupiah. Pemilihan permaian Gedrik karena dalam permainan Gedrik banyak sekali manfaatnya untuk perkembangan fisik maupun psikis. Penggunaan media mata uang kertas rupiah dimaksudkan agar peserta didik lebih tertarik dan di dalam mata uang tersebut terdapat gambar pahlawan yang dapat digunakan sebagai sumber inspirasi menulis teks cerita sejarah. Tujuan penulisan artikel ini: (1) mendeskripsikan penerapan permainan Gedrik dan penggunaan media uang kertas rupiah dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk menanamkan karakter, (2) menjelaskan karakter yang dapat ditanamkan kepada peserta didik melaui permainan Gedrik dan media mata uang kertas rupiah. Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dan subyek penelitiannya kelas XII TKJ 4. Hasil pembelajaran dari aspek afektif, aktivitas peserta didik dalam kategori baik. Aspek psikomotorik dalam melakukan diskusi termasuk dalam kategori baik. Aspek psikomotorik dalam menulis teks cerita sejarah peserta didik yang mencapai ketuntasan ada 30 (88.23%) dan yang belum mencapai ketuntasan ada 4 (11.76%). Dari aspek kognitif peserta didik yang mencapai ketuntasan ada 32 (94.12%) dan yang belum mencapai ketuntasan ada 2 (05.88%). Ketuntasan minimal yang berlaku 75.
Pengalamatan Mikroprosesor 8086/8088 Menggunakan Operasi Aritmatika Iqbal Mubaroq; Walidatul Isna; Ike Wahyu Septiani; Abd. Charis Fauzan
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 4, No 3 (2019): Volume 4 Nomor 3, Agustus 2019
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (544.139 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v4i3.342

Abstract

Intel Corporation mulai memperkenalkan Mikroprosesor 8088 sekitar tahun 1978. Mikroprosesor 8088/8086 memiliki 4 register, yaitu Counter Register CX, Accumulator Register AX, Base Register BX, dan Data Register DX menggunakan perintah MOV (perpindahan), ADD (penjumlahan), SUB (pengurangan), dan MUL (perkalian). Berdasarkan data tersebut, digunakan metode manual dan ekskusi program untuk menganalisis set instruksi mikroprosesor 8086/8088. Kedua metode diatas menghasilkan pengalamatan yang berbeda. Penelitian bertujuan untuk memahami cara operasi aritmatika menggunakan mikroprosesor 8086/8088. Penelitian ini dilakukan dengan menjelaskan suatu permasalahan dengan menggunakan metode manual dalam pembuatan Op-Code serta eksekusi instruksi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dihasilkan 2 metode yaitu bisa lewat perangkat lunak maupun secara manual agar lebih mudah dalam pengaplikasiannya.
Perancangan Jaringan Skala Besar dengan Menggunakan Metode Border Gateway Protocol (BGP) Berbasis Mikrotik Ronald David Marcus; Eleazar Tfuakani
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 4, No 3 (2019): Volume 4 Nomor 3, Agustus 2019
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (792.504 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v4i3.361

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang Routing Protocol menggunakan virtual microphones dan winbox sebagai alat untuk membuat BGP serta membuat konektivitas dan komunikasi antar jaringan. Desainnya adalah untuk mempelajari kinerja jaringan komputer, studi kasus di Universitas Merdeka Malang untuk meningkatkan layanan internet melalui manajemen jaringan internal. Metode yang digunakan oleh metode protokol routing antara sistem otonom. BGP memiliki pertukaran data atau informasi dengan jaringan yang diperoleh oleh sistem BGP itu sendiri dan dapat memperoleh informasi yang sudah terdaftar dalam sistem otonom (AS). Hasil studi pabrikan virtual ini memberikan gambaran umum untuk membuat jaringan protokol perutean BGP dan meminimalkan biaya yang sangat mahal karena BGP dapat mengurutkan tujuan pengguna di dalam negeri dan luar negeri dengan jalur berbeda di jaringan yang sama.
Identifikasi Sikap Peduli Lingkungan di SMP Negeri 8 Kota Jambi Alexander Yudha Abimantara; Erika Erika; Murniati Murniati
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 4, No 3 (2019): Volume 4 Nomor 3, Agustus 2019
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (115.2 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v4i3.323

Abstract

Sikap peduli lingkungan merupakan sikap yang perlu ditanamkan sejak usia dini yakni pada Pendidikan dasar. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi sikap kepedulian siswa terhadap lingkungan agar dapat ditingkatkan. Untuk melihat sejauh mana rasa peduli siswa SMP terhadap lingkungan. Untuk melihat tingkat keberhasilan pendidik dalam menerapkan sikap peduli lingkungan peserta didik. Maka, peneliti tertarik untuk mengidentifikasi sikap peduli lingkungan siswa terutama di SMP Negeri 8 Kota Jambi. Subjek penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 8 Kota Jambi kelas VIII-H berjumlah 28 siswa dan kelas VIII-I yang berjumlah 28 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 56 siswa, 28 siswa (50%) mempunyai sikap peduli lingkungan yang sangat baik dan sebanyak 26 siswa (46%) mempunyai sikap peduli lingkungan yang baik. Selain ditinjau dari hasil penelitian, dapat juga dinilai melalui siswa yang membuag sampah pada tempatnya dan cara menyiram tanaman yang ada di depan kelas.
KOMBINASI PROSES PENGELASAN DALAM VARIASI SUDUT TERHADAP SUDUT DISTORSI DAN KEKERASAN HASIL PENGELASAN Yeni Ratih Pratiwi; Salnan Sabdo Wibowo
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 4, No 3 (2019): Volume 4 Nomor 3, Agustus 2019
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.328 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v4i3.354

Abstract

Kesalahan pada perencanaan dan kelalaian pada saat proses pengerjaan bisa menyebabkan cacat struktural maupun cacat dimensional pada hasil pengelasan. Contoh cacat struktural seperti undercut, underfill, terak terperangkap, overlap dan masih banyak lagi. Sedangkan contoh cacat dimensional antara lain distorsi dan miss alighment. Distorsi sangat merugikan karena bentuk tidak sesuai dengan desain, ukuran tidak akurat, serta biaya perbaikan yang besar. Penelitian sebelumnya banyak memfokuskan penerapan heat input dan metode las untuk memperbaiki ketangguhan pada las, struktur mikro dan distorsi, namun belum membahas keseluruhan mengenai kombinasi pengelasan dan variasi sudut kampuhnya. Pada penelitian ini akan dibahas pengaruh kombinasi pengelasan pada baja ST 42 tebal 10 mm, panjang 30 mm, lebar 15 mm untuk mengoptimalkan distorsi dan kekerasan, serta hubungan variasi sudut kampuh dengan kekerasan dan sudut distorsi.Melihat data diatas maka perlu diteliti pengaruh kombinasi proses pengelasan dan variasi sudut kampuh terhadap hasil pengelasan khususnya pada cacat dimensional yaitu distorsi dan kekerasan daerah HAZ. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi kombinasi pengelasan dan variasi sudut kampuh terhadap sudut distorsi dan uji kekerasan. Adapun tahapan dalam penelitian ini adalah dimulai dari pembentukan specimen, kemudian specimen akan dilas menggunakan kombinasi proses pengelasan dengan variasi sudut kampuh yang berbeda. Selanjutnya akan dilihat sudut distorsi dan diuji kekerasan dari setiap specimen.Penelitian ini menggunakan dua metode, yaitu metode eksperimen, yaitu pengumpulan data langsung dan metode literatur, yaitu pengumpulan data yang diperoleh secara tidak langsung, yaitu pada buku,modul atau media cetak yang berhubungan dengan obyek yang diteliti dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya.
Kontribusi Kecerdasan Intrapersonal Siswa Terhadap Kesadaran Metakognitif Siswa SMK Se-Kota Blitar Tri Maryati; Siti Uswatun Kasanah; Veradella Yuelisa
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 4, No 3 (2019): Volume 4 Nomor 3, Agustus 2019
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (150.528 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v4i3.344

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk menyelidiki persentase kontribusi kecerdasan intrapersonal terhadap kesadaran metakognitif siswa paket keahlian teknik komputer dan jaringan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri pada kota Blitar. Penelitian kuantitatif menjadi jenis serta analisis data pada penelitian ini. Sampel data yang diolah adalah siswa kelas X sejumlah 57 siswa. Angket digunakan untuk mengumpulkan data variabel kecerdasan intrapersonal siswa dan kesadaran metakognitif siswa. Analisis data dilakukan menggunakan distribusi frekuensi dengan program SPSS untuk windows versi 16 untuk operasi deskripsi dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: kecerdasan intrapersonal siswa memiliki kontribusi signifikan secara simultan terhadap kesadaran metakognitif siswa sebesar 50,9 %.
Hambatan Cinema Therapy Sebagai Layanan Konseling di Sekolah Sigit Hariyadi; Puri Wijayanti; Reza Hafidhudin A. Herdiyanto
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 4, No 3 (2019): Volume 4 Nomor 3, Agustus 2019
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (158.208 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v4i3.324

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persoalan yang dialami konselor di sekolah dalam melakukan layanan cinema therapy serta faktor apa saja yang mempengaruhi. Penelitian ini termasuk dalam metode penelitian survei dengan populasi semua SMP Negeri di Kabupaten Semarang. Pengambilan sampel peneliti menggunakan teknik cluster random sampling. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan studi dokumen. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian yang diperoleh hambatan atau persoalan yang ada terkait dengan kesalahan dalam pemahaman, pelaksanaan prosedur layanan, serta masih minimnya sarana dan dukungan pihak sekolah.
Refleksi Pelaksanaan Pembelajaran pada Praktik Mengajar Mahasiswa di jenjang SD sederajat Untuk Mata Pelajaran Bahasa Inggris Vivi Aulia
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 4, No 3 (2019): Volume 4 Nomor 3, Agustus 2019
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.933 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v4i3.355

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil refleksi pelaksanaan pembelajaran 20 orang mahasiswa pada praktik mengajar bahasa Inggris dijenjang SD. Data penelitian ini diambil dari hasil laporan individu mahasiswa yang berisi refleksi mereka ketika melaksanakan praktik mengajar. Terdapat enam aspek pelaksanaan pembelajaran yang direfleksikan mahasiswa. Pertama, mahasiswa membuka pembelajaran dikelas dengan brainstorming. Kedua, siswa belum banyak mengenal kosakata bahasa Inggris sebagai materi utama pembelajaran. Ketiga, media pembelajaran yang menggunakan LCD sangat membantu dalam penyampaian materi pembelajaran. Keempat, siswa lebih rileks bila belajar dengan menggunakan permainan yang melibatkan gerak anggota tubuh. Kelima, kondisi kelas yang gaduh, alokasi waktu pembelajaran yang belum efisien, komunikasi dan instruksi antara guru dan siswa yang belum maksimal, kesulitan siswa yang utama pada pelafalan bahasa Inggris, serta terbatasnya sumber belajar siswa. Aspek refleksi terakhir adalah mahasiswa menutup pembelajaran dengan memberikan penguatan akan materi yang telah diajarkan.
Pengaruh Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Fisika pada Matakuliah Termodinamika Yuniar Alam
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 4, No 3 (2019): Volume 4 Nomor 3, Agustus 2019
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (272.124 KB) | DOI: 10.28926/briliant.v4i3.338

Abstract

Proses belajar mengajar sangat menentukan keberhasilan hasil belajar, strategi pembelajaran bergantung pada kepiawaian pengajar dalam menggunakan metode dan teknik pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mencari pengaruh hasil belajar termodinamika menggunakan penguasaan keterampilan proses sains pada mahasiswa UNU Blitar dengan menggunakan teknik wawancara terstruktur, angket dan instrumen. Pembelajaran menggunakan keterampilan proses sain menunjukan peningkatan yang signifikan dalam mencapai hasil belajar dimana siswa lebih mudah memahami dan mengerti dalam proses pembelajaran. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Teknik Pengumpulan data menggunakan pretest-postest dengan indicator yang sesuai dengan pembelajaran. Hasil data menunjkan bahwa keterampilan proses sain memiliki pengaruh yang signifikan untuk proses pembelajaran fisika.

Page 1 of 2 | Total Record : 17


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 10 No 3 (2025): Volume 10 Nomor 3, Agustus 2025 Vol 10 No 2 (2025): Volume 10 Nomor 2, Mei 2025 Vol 10 No 1 (2025): Volume 10 Nomor 1, Februari 2025 Vol 9 No 4 (2024): Volume 9 Nomor 4, November 2024 Vol 9 No 3 (2024): Volume 9 Nomor 3, Agustus 2024 Vol 9 No 2 (2024): Volume 9 Nomor 2, Mei 2024 Vol 9 No 1 (2024): Volume 9 Nomor 1, Februari 2024 Vol 8 No 4 (2023): Volume 8 Nomor 4, November 2023 Vol 8 No 3 (2023): Volume 8 Nomor 3, Agustus 2023 Vol 8 No 2 (2023): Volume 8 Nomor 2, Mei 2023 Vol 8 No 1 (2023): Volume 8 Nomor 1, Februari 2023 Vol 7 No 4 (2022): Volume 7 Nomor 4, November 2022 Vol 7, No 4 (2022): Volume 7 Nomor 4, November 2022 Vol 7 No 3 (2022): Volume 7 Nomor 3, Agustus 2022 Vol 7 No 2 (2022): Volume 7 Nomor 2, Mei 2022 Vol 7 No 1 (2022): Volume 7 Nomor 1, Februari 2022 Vol 6, No 2 (2021): Vol 6, No 2 (2021): Volume 6 Nomor 2, Mei 2021 Vol 6 No 4 (2021): Volume 6 Nomor 4, November 2021 Vol 6 No 3 (2021): Volume 6 Nomor 3, Agustus 2021 Vol 6, No 1 (2021): Volume 6 Nomor 1, Februari 2021 Vol 5, No 4 (2020): Volume 5 Nomor 4, November 2020 Vol 5, No 3 (2020): Volume 5 Nomor 3, Agustus 2020 Vol 5, No 2 (2020): Volume 5 Nomor 2, Mei 2020 Vol 5, No 1 (2020): Volume 5 Nomor 1, Februari 2020 Vol 4, No 4 (2019): Volume 4 Nomor 4, November 2019 Vol 4, No 3 (2019): Volume 4 Nomor 3, Agustus 2019 Vol 4, No 2 (2019): Volume 4 Nomor 2, Mei 2019 Vol 4, No 1 (2019): Volume 4 Nomor 1, Februari 2019 Vol 3, No 4 (2018): Volume 3 Nomor 4, November 2018 Vol 3, No 3 (2018): Volume 3 Nomor 3, Agustus 2018 Vol 3, No 2 (2018): Volume 3 Nomor 2, Mei 2018 Vol 3, No 1 (2018): Volume 3 Nomor 1, Februari 2018 Vol 2, No 4 (2017): Volume 2 Nomor 4, November 2017 Vol 2, No 3 (2017): Volume 2 Nomor 3, Agustus 2017 Vol 2, No 2 (2017): Volume 2 Nomor 2, Mei 2017 Vol 2, No 1 (2017): Volume 2 Nomor 1, Februari 2017 Vol 1, No 1 (2016): Volume 1, Nomor 1, November 2016 More Issue