Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and thinking about the development of education and learning, Science and Technology.
Articles
22 Documents
Search results for
, issue
"Vol 5, No 2 (2020): Volume 5 Nomor 2, Mei 2020"
:
22 Documents
clear
Hidden Card untuk Meningkatkan Kompetensi Pragmatik Anak Prasekolah dalam Pembelajaran Kosa Kata Penguatan Pendidikan Karakter Bangsa
Saptono Hadi;
Agus Hermawan
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 5, No 2 (2020): Volume 5 Nomor 2, Mei 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (210.289 KB)
|
DOI: 10.28926/briliant.v5i2.476
Riset ini berupaya mengungkapkan keefektifitasan media hidden card memacu kompetensi pragmatik anak didik Taman Kanak-Kanak dalam memperbanyak kosakata tiga bahasa. Ancangan teori merujuk model pengembangan Arif S. Sadiman, melalui tahap (1) rancangan pengembangan; (2) prosedur pengembangan (dilakukan kajian rancangan hidden card); (3) aplikasi rancangan hidden card (teknis aplikasi, subjek hidden card, jenis-jenis data, alat pengambil data, teknis menganalisis data). Riset menyatakan bahwa terdapat peningkatan kompetensi pragmatik pada anak didik Taman Kanak-Kanak dalam memperbanyak kosakata/tuturan tribahasa (Bin, Bing, Baja Krama Inggil), dan hidden card sebagai media pembelajaran pemerolehan bahasa dapat merangsang anak didik memperbanyak kosakata.
Optimalisasi Kegiatan Pemeliharaan Pada Waduk Gondang, Kabupaten Karanganyar Terhadap Sedimentasi
Dhanang Samatha Putra;
Pranoto Sapto Atmojo;
Dyah Ari Wulandari
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 5, No 2 (2020): Volume 5 Nomor 2, Mei 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (616.124 KB)
|
DOI: 10.28926/briliant.v5i2.447
Waduk Gondang berada di Kabupaten Karanganyar merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN). Waduk Gondang dibangun dalam rangka mendukung ketahanan pangan sebagai infrastruktur penyedia air irigasi dan memenuhi kebutuhan air baku di wilayah Kabupaten Sragen. Penelitian ini dilakukan untuk memprediksi sedimen yang mengendap di waduk dan pola distribusi sedimen, sehingga dapat digunakan sebagai acuan kegiatan pemeliharaan yang optimal untuk menjaga keberlanjutan fungsi waduk. Dalam studi ini dilakukan perhitungan sedimen berdasarkan erosi lahan yang terjadi dengan metode USLE (Universal Soil Loss Equation) dan perhitungan distribusi sedimen dengan Metode Empiris Pengurangan Luas (Empirical Area Reduction Method). Skenario pengelolaan sedimentasi yang dilakukan adalah dengan cara konservasi, pembuatan cek dam dan dredging. Pemilihan alternatif pengelolaan sedimen ditinjau berdasarkan kapasitas tampungan pada akhir umur rencana waduk. Dari hasil skenario pengelolaan sedimentasi, didapatkan hasil bahwa skenario yang paling optimal adalah dengan pembangunan cek dam yang dapat mengurangi laju sedimentasi sebesar 104.023,21 m3/tahun. Sisa tampungan efektif pada akhir umur rencana sebesar 91,99% sedangkan skenario lainnya berupa konservasi dan dredging menghasilkan sisa tampungan efektif sebesar 86,93% dan 85,55%.
Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Kelas F4 SMAN 5 Malang Pada Materi Turunan
Iska Agustina;
Abd Qohar
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 5, No 2 (2020): Volume 5 Nomor 2, Mei 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (597.002 KB)
|
DOI: 10.28926/briliant.v5i2.466
Pemahaman matematis adalah kemampuan yang penting untuk dimiliki siswa. Namun demikian pemahaman matematis siswa secara umum masih rendah. Artikel ini berisi tentang hasil penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman matematis siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA F4 SMAN 5 Malang. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus dengan 4 pertemuan tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model penemuan terbimbing dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa pada materi turunan. Hasil dari tes pemahaman matematis siswa mengalami peningkatan dari rata-rata hasil tes pada siklus I yaitu 70.1 menjadi 85.54 pada siklus II. Dari penelitian ini disarankan untuk para guru untuk memberikan pengetahuan prasyarat untuk materi yang akan diajarkan supaya siswa bisa memprediksi apa yang akan dipelajari. Selain itu guru disarankan memberi scaffolding secara khusus kepada siswa supaya siswa lebih aktif dalam berdiskusi dan dapat membangun pengetahuannya sendiri.
Tiga Tantangan Guru Masa Depan Sekolah Dasar Inklusif
Heri Setiawan;
Styo Mahendra Wasita Aji;
Abdul Aziz
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 5, No 2 (2020): Volume 5 Nomor 2, Mei 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (175.962 KB)
|
DOI: 10.28926/briliant.v5i2.458
Setiap warga negara memiliki hak yang sama dalam mengenyam pendidikan, termasuk siswa dengan kebutuhan khusus. Salah satu strategi yang dilakukan pemerintah untuk memberikan layanan pendidikan yang layak kepada semua warganya yaitu melalui implementasi pendidikan inklusif pada semua jenjang pendidikan. Dilapangan, guru merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan kebijakan pendidikan inklusif. Metode penulisan artikel ini menggunakan kajian pustaka (literature review). Hasil kajian literatur yang dilakukan merumuskan hasil bahwa guru SD inklusif di masadepan dengan segala kompetensi dan sumber daya yang ada ditantang untuk secara riil memahami karakteristik siswa yang terus berubah seiring laju perkembangan zaman; mampu beradaptasi dan berinovasi melalui kegiatan penelitian sebagai tugas wajib selain mengajar; serta mampu memaksimalkan learning community yang sudah tersedia melalui KKG maupun wadah komunikasi lain agar dapat menjadi guru SD inklusif yang profesional.
Pengembangan Buku Ajar Bioteknologi berbasis R-VGT Kelas XI IPA 1 SMAN Senduro
Agus Wibisono
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 5, No 2 (2020): Volume 5 Nomor 2, Mei 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (371.821 KB)
|
DOI: 10.28926/briliant.v5i2.477
Rendahnya prestasi belajar siswa materi Bioteknologi di SMA menjadi tantangan guru biologi, sehingga dituntut mengembangkan bahan ajar. Bahan ajar yang baik harus kreatif, inovatif, dan komunikatif, untuk mendukung pembelajaran efektif, efisien, dan berkualitas. Materi Bioteknologi relatif baru diajarkan dalam kurikulum SMA, dan rerata nilai Bioteknologi untuk tahun pelajaran 2018/2019 di Kelas XI IPA 1 SMAN Senduro sebesar 62,8 atau kurang dari KKM yaitu 80. Nilai ini melatarbelakangi peneliti untuk mengembangkan buku ajar berbasis R-VGT, yang multirepresentasi, valid, praktis, efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berfikir kritis siswa materi Bioteknologi.
Penerapan Media Pembelajaran Mobuya pada Indahnya Keragaman Budaya Bangsaku di Sekolah Dasar
Tri Syamsijulianto
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 5, No 2 (2020): Volume 5 Nomor 2, Mei 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (428.857 KB)
|
DOI: 10.28926/briliant.v5i2.449
Pembelajaran mengenai indahnya keragaman budaya negeriku disekolah dasar masih belum menggunakan media pembelajaran sebagai sarana untuk mengenalkan keragaman budaya yang ada dinegeriku, Guru juga dominan menggunakan buku teks sebagai sumber utama proses pembelajaran disekolah dasar sehingga berdampak kepada hasil belajaran dan aktifitas peserta didik dikelas. Tujuan penerapan media pembelajaran ini yaitu menghasilkan melihat apakah media pembelajaran Mobuya efektif dibelajarkan pada subtema indahnya keragaman budaya negeriku. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model penelitian eksperimen. Media yang digunakan dalam penelitian ini berupa media pembelajaran Mobuya, materi budaya yang ada di Kalimantan Barat, Nilai hasil transfomasi dari nilai posttest memberikan nilai sebesar 0. 152 dengan probabilitas 0.192 terlihat bahwa pada hasil post test jauh diatas ?= 0.05. Jadi dapat disimpulkan bahwa distribusi tersebut normal, dilihat dari hipotesis nol (Ho) data terdistribusi dengan normal.
Practices on Technology Integration in ELT: A Review on Existing Researches
Gina Selvira Yanti;
Rafika Nurhidayah
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 5, No 2 (2020): Volume 5 Nomor 2, Mei 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (368.637 KB)
|
DOI: 10.28926/briliant.v5i2.467
The education 4.0 phenomenon is getting stronger day by day which makes the technology integration in ELT stands in a spotlight. For this reason, this paper aims to show and to describe some techniques or teaching procedures taken from the documented research articles; and to offer some suggestions for educators in Indonesia to integrate technology in their classrooms. This paper is done as a response to the increase need to integrate technology in teaching learning process, specifically, in English language teaching. This is a qualitative research in nature through searching, taking, reading, analyzing and concluding the results from the documented researches regarding to the topic. An empirical-based research was a focus for this research; thus, there are 11 researches in total within the year 2016-2020. This paper is hoped to be able to present, to describe, and to inspire scholars, researchers, teachers, and even decision-makers to apply more teaching learning process which tends to the education 4.0 atmospheres.
Rekomendasi Rute Kunjungan Tempat Wisata Menggunakan Ontologi dan Algoritma A*
Nurul Fajrin Ariyani;
Ivan Fadhila;
Abdul Munif
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 5, No 2 (2020): Volume 5 Nomor 2, Mei 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (1219.335 KB)
|
DOI: 10.28926/briliant.v5i2.459
Meningkatnya sektor pariwisata di Indonesia menjadikan para wisatawan memiliki banyak pilihan tempat wisata untuk dikunjungi. Namun keterbatasan waktu seringkali menghalangi wisatawan untuk dapat mengunjungi beberapa tempat wisata yang berbeda dalam satu kali rute perjalanan. Sistem rekomendasi yang dibangun memanfaatkan OpenStreetMap dan PostgreSQL sebagai basis data spasial untuk menyimpan data spasial mengenai peta. Jarak terdekat antar lokasi dicari dengan menerapkan algoritma A*. Sedangkan ontologi dan SPARQL digunakan untuk menyimpan dan mendapatkan kembali tempat-tempat wisata sesuai dengan kategori dan sub-kategorinya. Sistem diujikan dengan menggunakan studi kasus tempat-tempat wisata di kota Surabaya. Dari hasil uji coba dapat disimpulkan bahwa sistem mampu menampilkan rekomendasi rute kunjungan wisata dari suatu titik lokasi awal ke lokasi tujuan, beserta tempat-tempat wisata yang dilalui oleh rute perjalanan tersebut sesuai dengan kategori wisata yang dipilih oleh pengguna,
Pemetaan Lokasi Kejadian dalam Sistem Deteksi Kejadian dengan Data Twitter Menggunakan Teori Graf
Fatra Nonggala Putra;
Iza Arfiana Fauziah
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 5, No 2 (2020): Volume 5 Nomor 2, Mei 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (455.046 KB)
|
DOI: 10.28926/briliant.v5i2.472
Sistem deteksi kejadian dengan data twitter sebagai data masukannya telah banyak diteliti sebelumnya. Suatu informasi kejadian dapat dikategorikan sebagai kejadian penting adalah jika minimal terdapat informasi lokasi/tempat kejadian. Dalam sebuah tweet, seringkali terdapat lebih dari satu entitas lokasi kejadian karena kejadiannya memiliki dampak lebih dari satu titik lokasi. Hal ini berarti ada keterhubungan atau relasi antar lokasi kejadian sehingga diperlukan cara merubah relasi yang berupa teks ke dalam bentuk graf. Selain itu, banyak juga suatu informasi kejadian menulis entitas lokasi yang dengan ejaan yang berbeda atau terdapat kesalahan penulisan. Hal ini menyulitkan pemetaan lokasi terjadinya kejadian ke dalam maps karena entitas lokasi tidak terdapat di dalam gazetteer. Maka dari itu, diperlukan standardisasi entitas nama lokasi kejadian dengan Fast Approximate String Matching (FASM) dan mengkonversi relasi antar lokasi ke dalam graf. Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa merubah relasi antar lokasi ke dalam bentuk graf yang sebelumnya telah dilakukan standardisasi entitas nama lokasi sangat memudahkan sistem dalam pemetaan atau memvisualisasikan informasi lokasi kejadian ke dalam GoogleMaps.
Strategi Mengintegrasikan Kurikulum Pondok dan Sekolah dalam Meningkatkan Prestasi Siswa SMP Mambaus Sholihin
Umi Nahdiyah
BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual Vol 5, No 2 (2020): Volume 5 Nomor 2, Mei 2020
Publisher : Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (244.636 KB)
|
DOI: 10.28926/briliant.v5i2.450
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Strategi mengintegrasikan kurikulum sekolah dan pondok pesantren dan dalam meningkatkan prestasi siswa konsep serta hasil perpaduan kurikulum pondok pesantren dan sekolah SMP Mambaus Sholihin. Metode penelitian kualitatif di pakai dalam penelitian ini dengan (field research) penelitian lapangan, dengan studi kasus yang dipakai untuk pendekatannya, termasuk penelitian deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh Pertama, konsep integrasi kurikulum melalui penggabungan mata yakni Nahwu dan Sorof itu di masukkan kedalam kurikulum sekolah. Kedua, hasil dari integrasi kurikulum telah cukup terlihat dari output atau lulusan peserta didiknya. Prestasi yang diperoleh oleh siswa baik akademik maupun non akademik semakin meningkat.