cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
JURNAL SIPIL STATIK
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 9 (2017): JURNAL SIPIL STATIK" : 8 Documents clear
EVALUASI DAN ANALISIS PERKUATAN BANGUNAN YANG BERTAMBAH JUMLAH TINGKATNYA Saruni, Cintya Violita; Dapas, Servie O.; Manalip, Hieryco
JURNAL SIPIL STATIK Vol 5, No 9 (2017): JURNAL SIPIL STATIK
Publisher : JURNAL SIPIL STATIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penambahan tingkat pada sebuah bangunan merupakan suatu alternatif untuk menjawab masalah peningkatan jumlah orang di dalam suatu bangunan, perubahan fungsi bangunan, penambahan infrastruktur ataupun keterbatasan lahan. Evaluasi struktur bangunan awal dibutuhkan untuk mengetahui kemampuan struktur bangunan akibat dari penambahan tingkat bangunan. Jika struktur tidak mampu menerima beban yang ditambahkan, maka dibutuhkan perkuatan terhadap elemen-elemen struktur eksisting yang tidak kuat.Pradesain struktur dilakukan untuk mendapatkan struktur awal bangunan 2 lantai yang difungsikan sebagai sekolah menggunakan SNI 2847:2013. Evaluasi struktur yang direncanakan dengan menambahkan 1 tingkat sehingga menjadi bangunan 3 tingkat yang dimodelkan 3D menggunakan program ETABS. Denah bangunan berukuran 22.5 m x 12 m dengan tinggi bangunan 3.8 m tiap lantai dengan mutu beton, fc’ 25 MPa, mutu tulangan baja,  fy 240 MPa untuk diameter tulangan lebih kecil atau sama dengan 10 mm, fy 400 MPa untuk diameter tulangan lebih besar dari 10 mm. Elemen struktur dan pembebanan untuk tingkat yang ditambahkan sama dengan struktur awal dan analisa gempa dengan statik ekivalen. Analisis beban gempa berdasarkan SNI 1726:2012. Struktur di evaluasi dengan program ETABS.Hasil evaluasi struktur yaitu kemampuan struktur awal meliputi balok, kolom dan pelat akibat penambahan tingkat serta periode struktur. Perkuatan elemen struktur yang dilakukan dengan concrete jacketing dan dilakukan beberapa pemodelan untuk dijadikan rekomendasi perkuatan. Kata kunci: Penambahan tingkat, Evaluasi struktur, Perkuatan, Concrete Jacketing, ETABS
PERENCANAAN BANGUNAN PENGAMAN PANTAI DI PANTAI PAL KABUPATEN MINAHASA UTARA Liunsanda, Moses; Mamoto, Jeffry D.; Dundu, Ariestides K. T.
JURNAL SIPIL STATIK Vol 5, No 9 (2017): JURNAL SIPIL STATIK
Publisher : JURNAL SIPIL STATIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pantai Pal yang terletak di Kecamatan Likupang Timur Kabupaten Minahasa Utara adalah satu kawasan wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan. Bukan hanya masyarakat Sulawesi Utara tetapi juga oleh wisatawan dari luar negeri. Namun Pantai Pal ternyata sudah mulai mengalami erosi yang di akibatkan oleh gelombang yang  cukup besar yang membuat penggerusan tebing pantai. Bila dibiarkan maka lama-kelamaan keadaan ini akan menyebabkan dampak yang negatif yaitu rusaknya pantai.   Untuk melindungi pantai Pal dari erosi pantai dan gelombang air laut, maka dibangun bangunan pelindung pantai.Data primer antara lain : inventarisasi dan identifikasi masalah. Data-data sekunder antara lain : Data angin dengan periode ulang 10-100 tahun, dan data pasang surut. Kemudian data tersebut di analisa untuk mendapatkan gelombang rencana dan angkutan sedimen pantai.Berdasarkan hasil analisa Tugas akhir ini didapatkan perencanaan bangunan pengaman pantai yang digunakan adalah Revetment dengan lapis lindung Blok Beton, tinggi mercu 4,85 meter, lebar puncak 1,4 meter, kemiringan 1 : 5, dan fungsi bangunan untuk mencegah erosi. Kata kunci : Pantai Pal, Gelombang, Pengaman Pantai.
ANALISIS INDEKS TINGKAT PELAYANAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PERSAMAAN DAVIDSON (STUDI KASUS : JALAN KAIRAGI-AIRMADIDI) Kaeng, Preisy Gabriela; Rompis, Semuel Y. R.; Lintong, Elisabeth M.
JURNAL SIPIL STATIK Vol 5, No 9 (2017): JURNAL SIPIL STATIK
Publisher : JURNAL SIPIL STATIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peningkatan jumlah kendaraan yang memafaatkan jalan atau tingkat kepemilikan kendaraan yang semakin bertambah setiap saat yang tidak diikuti dengan penambahan panjang jalan maupun peningkatan kapasitas jalan lama merupakan penyebab terjadinya masalah-masalah lalu lintas. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data volume lalulintas, waktu tempuh, serta geometrik jalan (lebar dan panjang). Lokasi penelitian yaitu di daerah Jalan Kairagi-Airmadidi yang dibatasi dari Alfamart Maumbi sampai depan Indomart Manado Bitung km 8. Penelitian ini dilakukan pada hari Senin-Sabtu. Untuk survei volume dilakukan dengan cara manual yaitu dengan mencatat setiap kendaraan yang lewat pada pos pengamatan sesuai dengan klasifikasi masing-masing kendaraan. Untuk survei waktu tempuh dilakukan dengan metode moving car observer method yaitu dengan menggunakan 1 buah mobil pribadi yang menempuh kedua arah secara bolak balik pada segmen jalan yang diamati yaitu 2,9 km. Sedangkan untuk mengukur geometrik jalan (lebar jalan dan panjang jalan) dilakukan dengan menggunakan meteran. Dalam penelitian ini diteliti menegenai hubungan anatara arus lalu lintas dengan waktu tempuh, sehingga dengan mengetahui hubungan tersebut para perencana dapat meramalkan kinerja lalu lintas yang akan terjadi. Dari hasil penelitian dan analisis yang sudah dilakukan diperoleh arus lalu lintas tertinggi untuk total 2 arah jalan tersebut mencapai 6681 smp/jam. Dari hasil perhitungan dengan kapasitas 1284 smp/jam per lajur diperoleh nilai Indeks Tingkat Pelayanan terbaik untuk arah Kairagi adalah 1,2632 hal ini dibuktikan dengan Nilai  = 0,9587 yang merupakan nilai  terbesar pada arah Kairagi dari seluruh hari penelitian dan diperoleh nilai Indeks Tingkat Pelayanan terbaik untuk arah Airmadidi adalah 3,9241 hal ini dibuktikan dengan Nilai  = 0,8755 yang merupakan nilai  terbesar pada arah Airmadidi dari seluruh hari penelitian.  Kata Kunci : Kemacetan, Kapasitas, Indeks Tingkat Pelayanan
PENGARUH VARIASI PANJANG PELAT PENGAKU FLUSH END PLATE TERHADAP KEKUATAN SAMBUNGAN BALOK KE BALOK Tawoeda, Juan Gerard; Handono, Banu Dwi; Pangouw, Jorry D.
JURNAL SIPIL STATIK Vol 5, No 9 (2017): JURNAL SIPIL STATIK
Publisher : JURNAL SIPIL STATIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Konstruksi baja memiliki elemen-elemen yang harus disambung satu per satu hingga membentuk kesatuan struktur. Salah satu sambungan baja yang digunakan dalam menghubungkan balok anak ke balok induk adalah sambungan flush end plate. Sambungan ini menggunakan pelat pengaku (stiffener) yang berpengaruh terhadap kekuatan sambungan dan lendutan yang terjadi pada balok anak. Perilaku sambungan dimodelkan dengan data-data yang sesuai dengan perencanaan desain. Balok induk menggunakan profil WF 400x200 sedangkan balok anak menggunakan profil WF 350x175. Pada variasi panjang stiffener menggunakan perbandingan antara panjang stiffener yang akan dipasang dengan tinggi web balok induk. Rasio panjangnya adalah 0, 0.25, 0.5, 0.75 dan 1. Pemodelan sambungan dianalisis dengan program ANSYS Workbench Mechanical APDL Solver sebagai 3D-FEM untuk mendapatkan data tegangan, regangan dan lendutan akibat pengaruh variasi panjang stiffener. Hasil menunjukan bahwa peningkatan rasio stiffener yang dipasang pada sambungan flush end plate balok ke balok akan meningkatkan pula kapasitasnya mulai dari 21.495 % hingga 46.413 %. Pertambahan panjang stiffener juga mengakibatkan jumlah tegangan, regangan dan lendutan berkurang. Dengan demikian pengaruh eksistensi dan pertambahan panjang stiffener harus diperhatikan untuk mendapatkan kapasitas sambungan yang optimal. Kata Kunci: Flush End Plate, Stiffener, Finite Element Method, ANSYS
EVALUASI KEKUATAN BALOK BETON BERTULANG DENGAN BALOK KOMPOSIT BAJA MENGGUNAKAN FLOOR DECK Sidara, Sthefani Christina Xenalevina; Sumajouw, Marthin D. J.; Pandaleke, Ronny E.
JURNAL SIPIL STATIK Vol 5, No 9 (2017): JURNAL SIPIL STATIK
Publisher : JURNAL SIPIL STATIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Balok mempunyai karakteristik utama yaitu lentur. Dengan sifat tersebut, balok merupakan elemen bangunan yang dapat diandalkan untuk menangani gaya geser dan momen lentur. Pada konstruksi elemen balok pun dituntut untuk memiliki kekuatan yang besar, dengan desain penampang yang efisien, pelaksanaan konstruksi yang praktis dan biaya konstruksi yang ekonomis. Pemilihan penggunaan material konstruksi yang tepat pun diharuskan agar balok mampu untuk dapat menahan besarnya beban yang diberikan. Penggunaan material beton bertulang dan balok komposit baja banyak kita temui dilapangan. Pada konstruksi balok pun sering kita temukan penggunaan floor deck yang dipasangkan diatas balok baja, maupun dikaitkan pada balok beton bertulang untuk menahan struktur pelat lantai. Pada penelitian ini balok beton bertulang dan balok komposit baja baik yang dipasangkan floor deck ataupun tidak dipasangkan floor deck diberikan beban yang sama besar dan didesain memiliki kapasitas penampang yang sama atau tidak jauh berbeda. Sehingga hasil yang didapat yaitu dimensi penampang balok beton bertulang akan lebih besar dibandingkan balok komposit baja ditinjau dari tinggi dan lebar balok, menyebabkan inersia penampang balok beton bertulang semakin besar sehingga lendutan yang terjadi pada balok beton bertulang semakin kecil, dibandingkan dengan balok komposit baja yang memilik penamang yang lebih kecil. Namun pekerjaan elemen balok menggunakan material baja komposit lebih efisien dibandingkan dengan pekerjaan balok beton bertulang, ditinjau dari besarnya penampang yang dihasilkan, pekerjaan yang lebih praktis dengan biaya yang lebih ekonomis. Dan penggunaan floor deck tidaklah berpengaruh pada perhitungan kekuatan baja sehingga sering diabaikan, dan hanya berpengaruh pada lendutan yang terjadi akibat inersia penampang yang tereduksi akibat penggunaan floordeck. Kata Kunci : Balok, Balok Beton Bertulang, Balok Komposit Baja, Floor Deck.
PENGARUH PEMBANGUNAN JALAN SOEKARNO TERHADAP PEMBEBANAN LALU LINTAS DI JALAN TOL MANADO - BITUNG Politon, Natalie Chen; Rompis, Semuel Y. R.; Jefferson, Longdong
JURNAL SIPIL STATIK Vol 5, No 9 (2017): JURNAL SIPIL STATIK
Publisher : JURNAL SIPIL STATIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kota Manado dan Kota Bitung adalah dua kota di Sulawesi utara yang memiliki potensi yang sangat besar dan dikarenakan ketidakmampuan jalan eksisting (Jalan Nasional Manado – Bitung) untuk menampung semua kendaraan yang harus melintasi ruas jalan ini setiap hari akibat adanya aktifitas perindustrian di ruas jalan ini maka pemerintah memutuskan untuk membangun Jalan Tol Manado – Bitung. Namun jalan Tol Manado – Bitung mempunyai kompetitor yaitu Jalan Soekarno yang mengakibatkan volume lalu lintas untuk jalan tol tidak akan tercapai sesuai dengan yang direncanakan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jumlah volume lalu lintas yang akan melewati Jalan Tol dan Jalan Soekarno nanti serta membuat perbandingan volume lalu lintas Jalan Tol dengan dan tanpa adanya Jalan Soekarno. Penelitian ini dimulai dengan pengumpulan data volume lalu lintas secara manual selama 15 jam untuk nantinya akan dikalibrasikan dengan data waktu tempuh yang dimbil selama 4 jam dalam sehari yang terbagi menjadi 2 jam pada waktu off peak hour yaitu pukul 13:00-15:00, dan 2 jam pada waktu peak hour pukul 17:00-19:00 untuk mendapatkan fungsi volume tundaan dengan persamaan yang dikembangkan oleh The Bureau of Public Road. Selanjutnya dibuat perhitungan dengan model Greenshield untuk mengetahui kapasitas dan waktu tempuh arus bebas lalu dengan menggunakan prinsip Keseimbangan I Wardrop dan bantuan Solver yang merupakan fasilitas dari Microsoft Excel dilakukan pembebanan lalu lintas untuk mengetahui volume tiap-tiap ruas jalan.Berdasarkan hasil analisis dari data survey didapat bahwa akibat dibangunnya Jalan Soekarno menyebabkan volume kendaraan yang akan melewati Jalan Tol Manado – Bitung mengalami defisit sebanyak 33% yang awalnya adalah 6772.461 kendaraan menjadi 3415.07 kendaraan. Dan dari hasil analisis didapatkan bahwa membutuhkan waktu sebesar 86.4 menit atau 1 jam 26.4 menit untuk melewati Jalan Tol sepanjang 39.9 km.  Kata Kunci : Off Peak Hour, Peak Hour, The Bureau of Public Road, Greenshields, Solver, Defisit.
MODEL KEBUTUHAN PARKIR DI KAWASAN PERBELANJAAN KOTA MANADO (Studi Kasus : Pasar Segar, Lippo Mall, Indogrosir, Multimart, Starway Mart) Liando, Stanley; Timboeleng, James A.; Sendow, Theo K.
JURNAL SIPIL STATIK Vol 5, No 9 (2017): JURNAL SIPIL STATIK
Publisher : JURNAL SIPIL STATIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Terus bertambahnya penduduk dan kawasan perbelanjaan di Kota Manado, membuat semakin diperlukannya kebutuhan parkir yang baik di tiap kawasan perbelanjaan yang ada, guna memenuhi kebutuhan “off street parking” bagi para pengunjung yang ada, juga agar tidak terjadinya “on street parking” yang dapat mengurangi kapasitas jalan di sekitar kawasan perbelanjaan tersebut. Sehingga dibuat pemodelan luas lantai, jumlah petak, dan jumlah pengunjung terhadap kebutuhan parkir.Untuk mwndapatkan nilai kebutuhan parkir di kawasan perbelanjaan Kota Manado maka dilakukan pemodelan terhadap 1 peubah bebas, 2 peubah bebas, dan 3 peubah bebas. Pada 1 peubah bebas menggunakan model linier, logarithmic, inverse, power, dan eksponential. Sendangkan pada 2 peubah bebas dan 3 peubah bebas, menggunakan model regresi linier berganda.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi pustaka, pengumpulan data primer dan sekunder, dan pemodelan dengan menggunakan regresi linier dan non linier. Lokasi penelitian yang dipilih untuk mendapatkan persamaan parameter kebutuhan parkir mobil dan motor terbaik adalah Indogrosir, Lippo Mall, Pasar Segar, Starway Mart, dan MultimartPersamaan regresi kebutuhan parkir mobil dengan parameter kawasan perbelanjaan  terbaik adalah kebutuhan akan parkir mobil yang berkaitan dengan jumlah petak parkir Y = 0,722 . X1,062; r2 = 0,983 dan jumlah pengunjung Y = 0,0001 . X1,671; r2 = 0,894. Persamaan regresi kebutuhan parkir motor dengan parameter kawasan perbelanjaan  terbaik adalah kebutuhan akan parkir motor yang berkaitan dengan luas lantai Y = 0,005 . X1,136; r2 = 0,969 dan jumlah pengunjung  Y = 0,614 . X1,047; r2 = 0,947. Berdasarkan analisis dengan regresi berganda, hubungan parameter kawasan perbelanjaan dengan kebutuhan parkir adalah jumlah petak parkir dan jumlah pengunjung untuk mobil dan luas lantai dan jumlah pengunjung untuk motor. Dengan persamaan sebagai berikut: Y = -18,705 + 1,048 x1 + 0,004 x2, dengan R2 = 0,962 untuk mobil dan Y = 0,963 + 0,018 x1 + 0,003 x2, dengan R2 = 0,963 untuk motor. Untuk penentuan parkir mobil pada kawasan perbelanjaan sebaiknya menggunakan jumlah petak dan jumlah pengunjung sendangkan pada motor sebaiknya menggunakan luas lantai dan jumlah pengunjung. Kata Kunci       : Off Street Parking, On Street Parking, regresi linier, regresi non linier logarithmic, inverse, power, eksponential, Indogrosir, Lippo Mall, Pasar Segar, Starway Mart, Multimart.
RENCANA PENGEMBANGAN BANDAR UDARA NAHA KABUPATEN KEPULAUAN SANGIHE PROVINSI SULAWESI UTARA Kiding Allo, Agatha Desiwanty; Sendow, Theo K.; Palenewen, Steve Ch. N.
JURNAL SIPIL STATIK Vol 5, No 9 (2017): JURNAL SIPIL STATIK
Publisher : JURNAL SIPIL STATIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kabupaten Kepulauan Sangihe terletak di Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia. Kabupaten ini adalah pemekaran Kabupaten Kepulauan Sangihe dan Talaud pada tahun 2000. Wilayah Kepulauan Sangihe memiliki produksi domestik dari perikanan laut, pertanian dan perkebunan yang sangat meningkat dan juga memiliki destinasi wisata yang dapat dikunjungi. Untuk itu pemerintah setempat terus berupaya meningkatkan investasi dari segala aspek. Bandar Udara Naha saat ini tergolong sebagai bandara perintis dengan jenis pesawat yang beroperasi ATR72-600. Guna mengimbangi pertumbuhan ekonomi dan pariwisata ini diharapkan juga diikuti dengan pertumbuhan dan perbaikan infrastuktur yang ada, salah satunya adalah bandara.Perencanaan ini dilakukan menggunakan data sekunder dan data ramalan selama 20 tahun kedepan dengan menggunakan 3 metode, yaitu trend linier, logaritma, dan eksponensial. Data yang diperlukan antara lain data Klimatologi, Data Penumpang, Data Bagasi. Selanjutnya menghitung ukuran runway, taxiway, dan apron dengan menggunakan data ramalan yang ada dan data pesawat rencana yaitu B737-900ER. Perencanaanya mengacu pada standar ICAO, Perencanaan ini meliputi perencanaan Runway, Taxiway, dan Apron. Untuk bagian sisi darat seperti terminal penumpang, gudang, dan parkir kendaraan hanya akan dihitung luasannya.Berdasarkan hasil perhitungan yang mengacu pada standar yang dikeluarkan International Civil Aviation Organitation (ICAO), maka dibutuhkan ukuran runway 2.724 x 60 meter, taxiway 168 x 25 meter, dan apron 93 x 98 meter, luas gedung terminal 17000m2, luas gudang 43m2, dan luas pelataran parkir adalah 2000m2. Kata kunci: Bandar Udara Naha, Rencana Pengembangan Bandar Udara, Runway, Taxiway, Apron, Terminal Penumpang.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 11 No 1 (2023): Jurnal Sipil Statik Vol 10 No 2 (2022): JURNAL SIPIL STATIK Vol 10 No 1 (2022): JURNAL SIPIL STATIK Vol 9, No 4 (2021): JURNAL SIPIL STATIK Vol 9 No 1 (2021): JURNAL SIPIL STATIK Vol 8, No 6 (2020): JURNAL SIPIL STATIK Vol 8, No 5 (2020): JURNAL SIPIL STATIK Vol 8, No 4 (2020): JURNAL SIPIL STATIK Vol 8, No 3 (2020): JURNAL SIPIL STATIK Vol 8, No 2 (2020): JURNAL SIPIL STATIK Vol 8, No 1 (2020): JURNAL SIPIL STATIK Vol 7, No 12 (2019): JURNAL SIPIL STATIK Vol 7, No 11 (2019): JURNAL SIPIL STATIK Vol 7, No 10 (2019): JURNAL SIPIL STATIK Vol 7, No 9 (2019): JURNAL SIPIL STATIK Vol 7, No 8 (2019): JURNAL SIPIL STATIK Vol 7, No 7 (2019): JURNAL SIPIL STATIK Vol 7, No 6 (2019): JURNAL SIPIL STATIK Vol 7, No 5 (2019): JURNAL SIPIL STATIK Vol 7, No 4 (2019): JURNAL SIPIL STATIK Vol 7, No 3 (2019): JURNAL SIPIL STATIK Vol 7, No 2 (2019): JURNAL SIPIL STATIK Vol 7, No 1 (2019): JURNAL SIPIL STATIK Vol 6, No 12 (2018): JURNAL SIPIL STATIK Vol 6, No 11 (2018): JURNAL SIPIL STATIK Vol 6, No 10 (2018): JURNAL SIPIL STATIK Vol 6, No 9 (2018): JURNAL SIPIL STATIK Vol 6, No 8 (2018): JURNAL SIPIL STATIK Vol 6, No 7 (2018): JURNAL SIPIL STATIK Vol 6, No 6 (2018): JURNAL SIPIL STATIK Vol 6, No 5 (2018): JURNAL SIPIL STATIK Vol 6, No 4 (2018): JURNAL SIPIL STATIK Vol 6, No 3 (2018): JURNAL SIPIL STATIK Vol 6, No 2 (2018): JURNAL SIPIL STATIK Vol 6, No 1 (2018): JURNAL SIPIL STATIK Vol 5, No 10 (2017): JURNAL SIPIL STATIK Vol 5, No 9 (2017): JURNAL SIPIL STATIK Vol 5, No 8 (2017): JURNAL SIPIL STATIK Vol 5, No 7 (2017): JURNAL SIPIL STATIK Vol 5, No 6 (2017): JURNAL SIPIL STATIK Vol 5, No 5 (2017): JURNAL SIPIL STATIK Vol 5, No 4 (2017): JURNAL SIPIL STATIK Vol 5, No 3 (2017): JURNAL SIPIL STATIK Vol 5, No 2 (2017): JURNAL SIPIL STATIK Vol 5, No 1 (2017): JURNAL SIPIL STATIK Vol 4, No 12 (2016): JURNAL SIPIL STATIK Vol 4, No 11 (2016): JURNAL SIPIL STATIK Vol 4, No 10 (2016): JURNAL SIPIL STATIK Vol 4, No 9 (2016): JURNAL SIPIL STATIK Vol 4, No 8 (2016): JURNAL SIPIL STATIK Vol 4, No 7 (2016): JURNAL SIPIL STATIK Vol 4, No 6 (2016): JURNAL SIPIL STATIK Vol 4, No 5 (2016): JURNAL SIPIL STATIK Vol 4, No 4 (2016): JURNAL SIPIL STATIK Vol 4, No 3 (2016): JURNAL SIPIL STATIK Vol 4, No 2 (2016): JURNAL SIPIL STATIK Vol 4, No 1 (2016): JURNAL SIPIL STATIK Vol 3, No 12 (2015): JURNAL SIPIL STATIK Vol 3, No 11 (2015): JURNAL SIPIL STATIK Vol 3, No 10 (2015): JURNAL SIPIL STATIK Vol 3, No 9 (2015): JURNAL SIPIL STATIK Vol 3, No 8 (2015): JURNAL SIPIL STATIK Vol 3, No 7 (2015): JURNAL SIPIL STATIK Vol 3, No 6 (2015): JURNAL SIPIL STATIK Vol 3, No 5 (2015): JURNAL SIPIL STATIK Vol 3, No 4 (2015): JURNAL SIPIL STATIK Vol 3, No 3 (2015): JURNAL SIPIL STATIK Vol 3, No 2 (2015): JURNAL SIPIL STATIK Vol 3, No 1 (2015): JURNAL SIPIL STATIK Vol 2, No 7 (2014): JURNAL SIPIL STATIK Vol 2, No 6 (2014): JURNAL SIPIL STATIK Vol 2, No 5 (2014): JURNAL SIPIL STATIK Vol 2, No 4 (2014): JURNAL SIPIL STATIK Vol 2, No 3 (2014): JURNAL SIPIL STATIK Vol 2, No 2 (2014): JURNAL SIPIL STATIK Vol 2, No 1 (2014): JURNAL SIPIL STATIK Vol 1, No 12 (2013): JURNAL SIPIL STATIK Vol 1, No 11 (2013): JURNAL SIPIL STATIK Vol 1, No 10 (2013): JURNAL SIPIL STATIK Vol 1, No 9 (2013): JURNAL SIPIL STATIK Vol 1, No 8 (2013): JURNAL SIPIL STATIK Vol 1, No 7 (2013): JURNAL SIPIL STATIK Vol 1, No 6 (2013): JURNAL SIPIL STATIK Vol 1, No 5 (2013): JURNAL SIPIL STATIK Vol 1, No 4 (2013): JURNAL SIPIL STATIK Vol 1, No 3 (2013): JURNAL SIPIL STATIK Vol 1, No 2 (2013): JURNAL SIPIL STATIK Vol 1, No 1 (2012): JURNAL SIPIL STATIK More Issue