cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota manado,
Sulawesi utara
INDONESIA
JURNAL SIPIL STATIK
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 8 (2018): JURNAL SIPIL STATIK" : 10 Documents clear
EVALUASI PENYELESAIAN PROYEK INFRASTRUKTUR JALAN ANTARA ANGGARAN APBD DAN APBDP PADA DINAS PU DAN PENATAAN RUANG PROPINSI SULAWESI UTARA Kanalung, Jerry; Lumeno, Shirly S.; Mandagi, Robert J. M.
JURNAL SIPIL STATIK Vol 6, No 8 (2018): JURNAL SIPIL STATIK
Publisher : JURNAL SIPIL STATIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penyelenggaraan proyek infrastruktur di Provinsi Sulawesi Utara diantaranya pembangunan jalan, jembatan dan lainnya dengan penggunaan anggaran APBD maupun APBD-Perubahan. Penggunaan anggaran APBD dan APBD-P pada proyek-proyek infrastruktur khususnya di Provinsi SULUT memiliki perbedaan dari segi waktu. Dimana, proyek infrastruktur APBD diberikan waktu penyelesaian 6bulan sampai1 tahun. Sementara itu, untuk pembangunan proyek infrastruktur dengan anggaran APBD-P waktu penyelesaian proyek cukup singkat yaitu sekitar 3 bulan. Yang menarik dari penggunaan anggaran proyek tersebut, yaitu proyek APBD sering kali mengalami keterlambatan waktu penyelesaian dibandingkan dengan proyek APBD-P yang waktu penyelesaiannya cukup singkat. Tujuan dari penelitian ini yaitu, identifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi waktu penyelesaian proyek, proses penyelesaian proyek, dan model evaluasi waktu penyelesaian proyek infrastruktur dengan penggunaan anggaran APBD dan APBD-P.   Penelitian ini menggunakan metode survey lapangan dengan melakukan wawancara langsung dengan pihak stakeholder dan penyebaran kuesioner. Data yang diperoleh di analisis dengan alat statistic SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proyek infrastruktur yang didanai anggaran APBD, sistem pengawasan masih rendah, desain masih sering berubah serta penyelesaian administrasi teknik yang panjang. Sebaliknya pelaksanaan proyek infrastruktur dengan dana APBDP jauh lebih siap, sangat jarang terjadi perubahan desain, control sangat ketat dan biasanya melanjutnya proyek sebelumnya. Kata Kunci: Infrastruktur, APBD, APBDP, dan Waktu
REDISTRIBUSI MOMEN PADA BALOK MENERUS BETON BERTULANG Muaja, Frianto F.; Sumajouw, Marthin D. J.; Pandaleke, Ronny E.
JURNAL SIPIL STATIK Vol 6, No 8 (2018): JURNAL SIPIL STATIK
Publisher : JURNAL SIPIL STATIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Besarnya momen negatif pada tumpuan balok menerus mengakibatkan banyaknya tulangan yang digunakan sehingga keruwetan penulangan tidak dapat dihindari, sehingga perencanaan menjadi tidak ekonomis. Berdasarkan mekanisme keruntuhan, suatu struktur statis tak tentu belum akan runtuh ketika salah satu penampang mencapai kapasitas maksimumnya tetapi akan mendistribusikan momen ke daerah penampang yang belum mencapai kapasitas maksimumnya. Proses distribusi tersebut dinamakan redistribusi momen.Analisis ini dilakukan dengan menggunakan program SAP2000 yang mampu melakukan perhitungan struktur statik dan dinamis. Program ini sudah banyak digunakan oleh Engineer Struktur untuk memodelkan dan menganalisis suatu sistem struktur secara keseluruhan maupun suatu elemen struktur.Analisis nonliner dilakukan pada balok menerus tiga bentang dengan variasi rasio Ast-/Ast+ untuk mengetahui pengaruh rasio Ast-/Ast+ terhadap redistribusi momen yang dapat terjadi pada balok menerus. Dari hasil analisis diperoleh bahwa semakin kecil nilai rasio Ast-/Ast+ maka semakin besar nilai redistribusi momen pada balok menerus. Kata kunci: Balok Menerus, SAP2000, Redistribusi Momen
MODEL PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN MUTU BERBASIS ISO 9001:2015 PADA KONTRAKTOR DI PROPINSI PAPUA BARAT Wartuny, William Ridson; Lumeno, Shirly S.; Mandagi, Robert J. M.
JURNAL SIPIL STATIK Vol 6, No 8 (2018): JURNAL SIPIL STATIK
Publisher : JURNAL SIPIL STATIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem manajemen mutu merupakan suatu keputusan strategis bagi organisasi, dimana desain dan implementasi manajemen mutu ini sangat dipengaruhi oleh lingkungan organisasi itu sendiri, kebutuhan organisasi yang sangat bervariasi, tujuan dan sasaran organisasi, proses yang berjalan di organisasi, ukuran dan struktur organisasi. Tujuan penelitian ini adalah menentukan model sistem manajemen muutu pada kontraktor lokal di Papua Barat dengan menggunakan ISO 9001:2015. Penelitian ini akan menggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh melalui survey lapangan pada beberapa kontraktor lokal di Papua Barat. Penedekatan yang dilakukan melalui wawancara dan penyebaran kuesioner. Hasil menunjukkan masih banyak membutuhkan peningkatan sumber daya khususnya SDM konstruksi dalam aspek manajemen proyek, perencanaan pekerjaan, kepemimpinan dan komitmen dalam organisasi, serta support dan dukungan dari pemerintah daerah terkait peningkatan kinerja perusahaan lokal.  Kata Kunci: ISO 9001:2015, Sistem Manajemen Mutu, Kontraktor dan Organisasi Kontraktor
ANALISIS KARAKTERISTIK GELOMBANG DI TELUK AMURANG KABUPATEN MINAHASA SELATAN Putri, Pangestika Indiani; Jasin, M. Ihsan; Halim, Fuad
JURNAL SIPIL STATIK Vol 6, No 8 (2018): JURNAL SIPIL STATIK
Publisher : JURNAL SIPIL STATIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teluk Amurang tepatnya pada pantai desa Tumpaan merupakan salah satu wilayah pantai yang berpotensi sebagai daerah wisata dan juga sebagai tempat bermukim masyarakat pesisir pantai.Berdasarkan pengamatan di lokasi penelitian teluk Amurang tepatnya pada pantai desa Tumpaan,terjadi gelombang yang cukup besar pada bulan–bulan tertentu yang mengakibatkan mundurnya garis pantai yang berdampak pada pemukiman penduduk.Oleh sebab itu dalam pengembangan dan pengamanan daerah pesisir serta untuk perlindungan masyarakat pesisir maka telah dilakukan penelitian mengenai karakteristik gelombang yang terjadi di teluk Amurang tepatnya pada daerah pantai desa Tumpaan. Dalam penelitian ini dilakukan survey lokasi penelitian, pendekatan teori, peramalan gelombang dan analisis transformasi gelombang yang terjadi di teluk Amurang tepatnya pada pantai desa Tumpaan.Peramalan gelombang dihitung dengan metode hindcasting gelombang berdasarkan data angin selama 10 tahun dari BMKG Maritim Bitung untuk mendapatkan tinggi dan periode gelombang yang terjadi di pantai tersebut. Dari hasil perhitungan tinggi dan periode gelombang di teluk Amurang tepatnya pada pantai desa Tumpaan didominasi oleh gelombang arah barat dengan gelombang maksimum terjadi pada bulan juni 2012 dengan tinggi gelombang H = 1,402 m dengan periode T= 4,725 detik. Koefisien refraksi bekisar antara 0,9625 sampai 1,00096 dan koefisien shoaling bekisar antara 0,90561 sampai 1,35533. Tinggi gelombang pecah yang did apt dari hasil perhitungan adalah 0,933 m sampai 1,677 m pada kedalaman 0,5 m sampai 25 m. Kata Kunci : Pantai desa Tumpaan, Windrose, Karakteristik gelombang, Digitasi peta
ANALISIS KESTABILAN LERENG BATU KAPUR (STUDI KASUS: BANGUNAN HOTEL TASANGKAPURA DI KOTA JAYAPURA) Dogomo, Yulianus; Manoppo, Fabian J.; Manaroinsong, Lanny D. K.
JURNAL SIPIL STATIK Vol 6, No 8 (2018): JURNAL SIPIL STATIK
Publisher : JURNAL SIPIL STATIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam perencanaan bangunan hotel Tasangkapura, dapat ditemukan masalah kestabilan lereng. Lereng tersebut terdapat banyak batu kapur. Metode yang digunakan dalam menganalisis kestabilan lereng batu kapur dalam kasus ini adalah Bishop Simplified dan Fellenius, untuk menganalisis tarjadinya kelongsoran. Analisis Lereng batu kapur dilakukan dengan Strength Type Mohr Coulomb dan Hoek-Brown. Lereng batu kapur dimodelkan dengan lebar lereng 50 m dan tinggi lereng 40 m serta beban yang dipikul sebesar 31718.41 kN/m2. Analisis pada lereng batu kapur akan dilakukan dengan software Slide 6.0 dan secara manual.Dari analisis, dapat disimpulkan bahwa faktor keamanan pada Strength Type Mohr Coulomb data AllPile yang diperoleh dari Slide 6.0 dan secara manual untuk masing-masing metode berturut-turut adalah: metode Bishop Simplified 3.709 dan 8.393; metode Fellenius 3.619 dan 0.806, faktor keamanan pada Strength Type Mohr Coulomb data literatur berturut-turut adalah: metode Bishop Simplified 0.724 dan 5.326; metode Fellenius 0.441 dan 0.927, dan faktor keamanan pada Strength Type Hoek-Brown metode Bishop Simplified adalah 0.633 dan metode Fellenius adalah 0.648. Kata Kunci: Lereng Batu Kapur, Slide 6.0, Mohr Coulomb, Hoek-Brown
PENERAPAN KONSEP GREEN BUILDING PADA INDUSTRI JASA KONSTRUKSI DI MANADO Massie, Frensy Yuliani; Dundu, Ariestides K. T.; Tjakra, Jermias
JURNAL SIPIL STATIK Vol 6, No 8 (2018): JURNAL SIPIL STATIK
Publisher : JURNAL SIPIL STATIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Konsep green building merupakan satu inovasi dari sektor konstruksi di seluruh dunia dalam rangka meminimalisir pemanasan global yang terjadi akhir-akhir ini. Dimana konsep ini menuntut suatu bangunan unutk lebih memperhatikan aspek lingkungan dan juga penghematan energi. Green building telah gencar diterapkan di seluruh dunia dan sedang didorong untuk menjadi trend bagi pengembang property saat ini. Namun, di Indonesia sendiri green building baru diterapkan di beberapa kota besar seperti Jakarta, Surabaya, dan Yogyakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah unutk mendapatkan persentase mengenai pengetahuan umum para pelaku jasa konstruksi di Manado mengenai green building, dan untuk mendapatkan informasi mengenai kendala apa saja yang dihadapi oleh para pelaku jasa konstruksi di Manado mengenai penerapan green building di Manado, dan untuk mengetahui faktor-faktor pendukung penerapan konsep green building di Manado.Penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner, yaitu dengan data yang secara langsung dikumpul oleh peneliti dari lapangan. Dan untuk pengolahan data, dilakukan dengan metode deskriptif.Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor kendala para pelaku jasa konstruksi di Manado dalam menerapkan konsep green building di Manado adalah kurangnya pemahaman mengenai green building, tidak dikenalnya produk-produk bahan bangunan yang berlabel ramah lingkungan (eco-label), serta kurangnya studi-studi kasus dan penelitian tentang green building. Dan untuk pengetahuan para pelaku jasa konstruksi di Manado mengenai green building, diperoleh bahwa green building sudah bukan istilah yang asing bagi para pelaku jasa konstruksi di Manado. Para pelaku jasa kosntruksi di Manado baru mengetahui definisi dan pengertian green building. Namun belum begitu memahami manfaat, alasan penerapan, serta metode pelaksanaan dari konsep green building. Kata Kunci: Green building, Konstruksi, Pemanasan Global
PENGARUH ANGKUTAN ONLINE TERHADAP PEMILIHAN MODA TRANSPORTASI PUBLIK DI KOTA MANADO (STUDI KASUS: TRAYEK MALALAYANG - PUSAT KOTA) Laloma, Adinda; Rompis, Semuel Y. R.; Longdong, Jefferson
JURNAL SIPIL STATIK Vol 6, No 8 (2018): JURNAL SIPIL STATIK
Publisher : JURNAL SIPIL STATIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Transportasi yang handal, aman dan nyaman merupakan beberapa alasan responden memilih moda transportasi yang akan digunakan dalam mencapai tempat tujuan. Hal inilah yang menjadi akar permasalahan transportasi di Kota Manado khususnya pada Trayek Malalayang-Pusat Kota dimana moda taxi online cenderung lebih diminati, dilihat dari segi kualitas pelayanan, aksesibilitas keterjangkauan dan waktu. Dampaknya penumpang yang menggunakan moda mikrolet beralih ke moda taxi online.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik pelaku perjalanan dalam pemilihan moda. Penelitian ini menggunakan metode Stated Preference, kemudian diolah dengan analisa statistik binomial logit.Survei dilaksanakan dengan penyebaran kuesioner kepada 310 responden berisi karakteristik pelaku perjalanan, meliputi kondisi sosio-ekonomi, dengan atribut selisih biaya perjalanan, selisih jarak jalan kaki, selisih waktu tunggu, selisih waktu tempuh dan selisih waktu jalan kaki antara moda mikrolet dan taxi online.Hasil survey dikumpulkan dan kemudian dilakukan analisa regresi linear dan pemodelan dilakukan dengan menggunakan model binomial logit sehingga didapat variabel-variabel yang mempengaruhi pemilihan moda diantaranya jika selisih waktu tempuh kurang dari 20 menit probabilitas pelaku perjalanan memilih angkutan kota lebih besar 50%, selisih jarak jalan kaki kurang dari 24 meter probabilitas pelaku perjalanan memilih angkutan kota lebih besar 50%, selisih biaya perjalanan jika harga taxi online di naikan menjadi Rp.50.000 maka probabilitas pelaku perjalanan memilih angkutan kota adalah 20,82%, selisih waktu tunggu jika kurang dari 1 menit probabilitas pelaku perjalanan memilih angkutan kota adalah lebih besar 50% dan selisih jarak jalan kaki jika kurang dari 3 menit probabilitas memilih angkutan kota adalah lebih besar 50%. Persamaan  utilitas diperoleh : Y= 0.522017 - 3.66226*  + 0.2094233X₂ + 0.020204  + 0.142912 + 0.370036  Hasil dari regresi yang diperoleh, telah memenuhi syarat, sehingga seluruh variabel bebas bersama–sama berpengaruh terhadap variabel terikat. Kata Kunci : Binomial Logit, Pemilihan Moda,  Stated Preference.
KAJIAN TEKNIS PENEMPATAN ABUTMEN JEMBATAN DI ALUR SUNGAI PANIKI Ardianto, Billy Prima; Sukarno, .; Hendratta, Liany A.
JURNAL SIPIL STATIK Vol 6, No 8 (2018): JURNAL SIPIL STATIK
Publisher : JURNAL SIPIL STATIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Letak posisi abutmen jembatan pada suatu sungai atau tebing sungai akan menjadi penghalang aliran banjir apabila pada saat penempatan abutmen jembatan tidak dilakukan kajian teknis terlebih dahulu. Kajian teknis yang dimaksudkan antara lain melihat profil sungai, debit banjir rencana, kemudian kedalaman dan lebar permukaan air banjir.Posisi abutmen jembatan pada sungai Paniki di Kelurahan Paniki Bawah Kecamatan Mapanget telah dibangun beberapa dekade tahun yang lalu dan pada saat itu belum ada peraturan perundang–undangan mentri PUPR NO. 1/PRT/M/2016 juga peraturan mentri PUPR No.28/PRT/M/2015 maka memungkinkan posisi eksisting abutmen jembatan menjadi penghalang debit banjir rencana.Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui letak eksisting abutmen jembatan di alur sungai Paniki Bawah apakah menjadi penghalang banjir rencana yang dapat menyebabkan bottleneck of flow pada bagian hulu jembatan.Metode penelitian dilakukan dengan cara pemetaan geodesi untuk melihat profil sungai, analisis hidrologi dan analisis hidrolika pada segmen sungai yang ditinjau. Hasil analisis menunjukkan debit banjir rencana dengan kala ulang 2, 5, 10, 25, 50 dan 100 tahun menyebabkan terhalangnya debit banjir rencana muara dan menyebabkan tinggi muka air banjir meningkat. Kata kunci: Posisi Abutmen Jembatan, Debit Banjir Rencana, Penghalang Aliran Banjir.  
ANALISA KAPASITAS BERDASARKAN PEMODELAN GREENSHIELD, GREENBERG DAN UNDERWOOD DAN ANALISA KINERJA JALAN PADA RUAS JALAN SAM RATULANGI MANADO Rumayar, Audie L. E.; Timpal, Greyti S. J.; Sendow, Theo K.
JURNAL SIPIL STATIK Vol 6, No 8 (2018): JURNAL SIPIL STATIK
Publisher : JURNAL SIPIL STATIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Setiap tahun pertambahan penduduk dan jumlah kendaraan di kota Manado terus meningkat, sehingga menimbulkan persoalan terhadap pergerakan lalu lintas. Selain itu, pola-pola pergerakan dari lalu lintas yang ada juga dapat terjadi akibat aktifitas yang ada di pinggir jalan yang menyebabkan menurunnya kecepatan arus lalulintas dan kinerja jalan. Hal ini akan menimbulkan dampak negatif terhadap pergerakan lalulintas. Demikian pula yang terjadi di ruas jalan Sam Ratulangi, Tanjung Batu sebagai daerah studi. Untuk mengatasi masalah tersebut maka diperlukan manajemen lalulintas yang terencana dan terarah dengan terlebih dahulu mengetahui karakteristik lalulintas seperti volume dan kecepatan, dengan melakukan penelitian pada ruas jalan tersebut.Studi dalam penelitian ini dilakukan di Ruas Jalan Sam Ratulangi, Tanjung Batu selama 7 hari dimulai dari jam 06.00-21.00 WITA dengan interval waktu 5 menit, yang bertujuan untuk mengetahui kapasitas yang ada diruas jalan tersebut, dengan model yang digunakan adalah model Greenshield, Greenberg dan Underwood dan untuk mengetahui kinerja ruas jalan tersebut. Dari hasil pemodelan, didapat untuk model Greenshield koefisien determinasi tertinggi adalah hari Sabtu dengan R2 = 0,7718 dengan persamaan matematis S = 38,1162217 - 0,188718014.D dan Kapasitas (VM) = 1924,62 skr/jam. Untuk model Greenberg koefisien determinasi tertinggi adalah hari Sabtu dengan R2 = 0,7226 dengan persamaan matematis S = 51,51820934 - 5,85036347Ln D dan Kapasitas (VM) = 14364,11 skr/jam. Untuk model Underwood koefisien determinasi tertinggi adalah hari Sabtu dengan R2 = 0,7582 dengan persamaan matematis S = 38.97195607 e(-0.006264442 D) dan Kapasitas (VM) = 2288,62 skr/jam. Untuk perhitungan dengan menggunakan PKJI didapat kapasitas (VM) = 2648 skr/jam dengan dengan nilai LOS D (DS = 0,75 ? 0,84) yang artinya bahwa volume lalulintas pada ruas Jalan Sam Ratulangi Tanjung Batu mendekati arus tidak stabil tetapi kecepatan masih dapat ditolerir. Kata kunci: Kapasitas, Greenshield, Greenberg, Underwood, Kinerja Ruas Jalan
ANALISIS DINDING MECHANICALLY STABILIZED EARTH (MSE) (STUDI KASUS: RUAS JALAN TOL MANADO BITUNG STA 6+475) Ratag, Cut Meutia C. F.; Mandagi, Agnes T.; Legrans, Roski I. R.
JURNAL SIPIL STATIK Vol 6, No 8 (2018): JURNAL SIPIL STATIK
Publisher : JURNAL SIPIL STATIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pada ruas jalan Tol Manado Bitung akan dibuat jalan diatas permukaan tanah yang miring sehingga perlu penimbunan tanah agar elevasi tanah sesuai perencanaan. Hal tersebut dapat menyebabkan kelongsoran apabila tidak diberi pengaman lereng pada area tanah timbunan. Pada penelitian ini dilakukan analisis pengaplikasian dinding Mechanically Stabilized Earth (MSE) yang direncanakan mulai dari kestabilan ekternal, internal dan global dengan variasi panjang perkuatan 0,3 He; 0,4 He; 0,5 He; 0,6 He; 0,7 He; 0,8 He; 0,9 He (He = Tinggi dinding MSE), jarak vertikal perkuatan 1 m; 1,2 m; 1,5 m; 2 m; 3 m dan jenis geogrid UX 1100, UX 1400, UX 1500, UX 1600, UX 1700, dan UX 1800.Hasil penelitian menunjukkan bahwa lereng eksisting pada ruas jalan Tol Manado Bitung STA 6+475 memiliki faktor keamanan lebih dari 1 sehingga dapat dikategorikan aman. Dalam mengaplikasikan dinding MSE pada lokasi studi kasus dengan dimensi yang direncanakan untuk panjang perkuatan 0,6 He dan 0,5 He memenuhi syarat kestabilan eksternal namun tidak memenuhi syarat kestabilan internal. Stabilitas global dengan menggunakan kohesi tanah 20 kPa sebagai facing sudah memenuhi persyaratan stabilitas global yakni diatas 1,3 sehingga lereng dengan perkuatan dinding MSE yang direncanakan dapat digunakan. Kata kunci: “Dinding MSE”,” Lereng”, “Geogrid”. 

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 11 No 1 (2023): Jurnal Sipil Statik Vol 10 No 2 (2022): JURNAL SIPIL STATIK Vol 10 No 1 (2022): JURNAL SIPIL STATIK Vol 9, No 4 (2021): JURNAL SIPIL STATIK Vol 9 No 1 (2021): JURNAL SIPIL STATIK Vol 8, No 6 (2020): JURNAL SIPIL STATIK Vol 8, No 5 (2020): JURNAL SIPIL STATIK Vol 8, No 4 (2020): JURNAL SIPIL STATIK Vol 8, No 3 (2020): JURNAL SIPIL STATIK Vol 8, No 2 (2020): JURNAL SIPIL STATIK Vol 8, No 1 (2020): JURNAL SIPIL STATIK Vol 7, No 12 (2019): JURNAL SIPIL STATIK Vol 7, No 11 (2019): JURNAL SIPIL STATIK Vol 7, No 10 (2019): JURNAL SIPIL STATIK Vol 7, No 9 (2019): JURNAL SIPIL STATIK Vol 7, No 8 (2019): JURNAL SIPIL STATIK Vol 7, No 7 (2019): JURNAL SIPIL STATIK Vol 7, No 6 (2019): JURNAL SIPIL STATIK Vol 7, No 5 (2019): JURNAL SIPIL STATIK Vol 7, No 4 (2019): JURNAL SIPIL STATIK Vol 7, No 3 (2019): JURNAL SIPIL STATIK Vol 7, No 2 (2019): JURNAL SIPIL STATIK Vol 7, No 1 (2019): JURNAL SIPIL STATIK Vol 6, No 12 (2018): JURNAL SIPIL STATIK Vol 6, No 11 (2018): JURNAL SIPIL STATIK Vol 6, No 10 (2018): JURNAL SIPIL STATIK Vol 6, No 9 (2018): JURNAL SIPIL STATIK Vol 6, No 8 (2018): JURNAL SIPIL STATIK Vol 6, No 7 (2018): JURNAL SIPIL STATIK Vol 6, No 6 (2018): JURNAL SIPIL STATIK Vol 6, No 5 (2018): JURNAL SIPIL STATIK Vol 6, No 4 (2018): JURNAL SIPIL STATIK Vol 6, No 3 (2018): JURNAL SIPIL STATIK Vol 6, No 2 (2018): JURNAL SIPIL STATIK Vol 6, No 1 (2018): JURNAL SIPIL STATIK Vol 5, No 10 (2017): JURNAL SIPIL STATIK Vol 5, No 9 (2017): JURNAL SIPIL STATIK Vol 5, No 8 (2017): JURNAL SIPIL STATIK Vol 5, No 7 (2017): JURNAL SIPIL STATIK Vol 5, No 6 (2017): JURNAL SIPIL STATIK Vol 5, No 5 (2017): JURNAL SIPIL STATIK Vol 5, No 4 (2017): JURNAL SIPIL STATIK Vol 5, No 3 (2017): JURNAL SIPIL STATIK Vol 5, No 2 (2017): JURNAL SIPIL STATIK Vol 5, No 1 (2017): JURNAL SIPIL STATIK Vol 4, No 12 (2016): JURNAL SIPIL STATIK Vol 4, No 11 (2016): JURNAL SIPIL STATIK Vol 4, No 10 (2016): JURNAL SIPIL STATIK Vol 4, No 9 (2016): JURNAL SIPIL STATIK Vol 4, No 8 (2016): JURNAL SIPIL STATIK Vol 4, No 7 (2016): JURNAL SIPIL STATIK Vol 4, No 6 (2016): JURNAL SIPIL STATIK Vol 4, No 5 (2016): JURNAL SIPIL STATIK Vol 4, No 4 (2016): JURNAL SIPIL STATIK Vol 4, No 3 (2016): JURNAL SIPIL STATIK Vol 4, No 2 (2016): JURNAL SIPIL STATIK Vol 4, No 1 (2016): JURNAL SIPIL STATIK Vol 3, No 12 (2015): JURNAL SIPIL STATIK Vol 3, No 11 (2015): JURNAL SIPIL STATIK Vol 3, No 10 (2015): JURNAL SIPIL STATIK Vol 3, No 9 (2015): JURNAL SIPIL STATIK Vol 3, No 8 (2015): JURNAL SIPIL STATIK Vol 3, No 7 (2015): JURNAL SIPIL STATIK Vol 3, No 6 (2015): JURNAL SIPIL STATIK Vol 3, No 5 (2015): JURNAL SIPIL STATIK Vol 3, No 4 (2015): JURNAL SIPIL STATIK Vol 3, No 3 (2015): JURNAL SIPIL STATIK Vol 3, No 2 (2015): JURNAL SIPIL STATIK Vol 3, No 1 (2015): JURNAL SIPIL STATIK Vol 2, No 7 (2014): JURNAL SIPIL STATIK Vol 2, No 6 (2014): JURNAL SIPIL STATIK Vol 2, No 5 (2014): JURNAL SIPIL STATIK Vol 2, No 4 (2014): JURNAL SIPIL STATIK Vol 2, No 3 (2014): JURNAL SIPIL STATIK Vol 2, No 2 (2014): JURNAL SIPIL STATIK Vol 2, No 1 (2014): JURNAL SIPIL STATIK Vol 1, No 12 (2013): JURNAL SIPIL STATIK Vol 1, No 11 (2013): JURNAL SIPIL STATIK Vol 1, No 10 (2013): JURNAL SIPIL STATIK Vol 1, No 9 (2013): JURNAL SIPIL STATIK Vol 1, No 8 (2013): JURNAL SIPIL STATIK Vol 1, No 7 (2013): JURNAL SIPIL STATIK Vol 1, No 6 (2013): JURNAL SIPIL STATIK Vol 1, No 5 (2013): JURNAL SIPIL STATIK Vol 1, No 4 (2013): JURNAL SIPIL STATIK Vol 1, No 3 (2013): JURNAL SIPIL STATIK Vol 1, No 2 (2013): JURNAL SIPIL STATIK Vol 1, No 1 (2012): JURNAL SIPIL STATIK More Issue