Articles
26 Documents
Search results for
, issue
"Vol 4, No 2 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial"
:
26 Documents
clear
PENERAPAN METODE COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU
Suwarno, Agus;
Eca, Agustina Asteria
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 4, No 2 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (428.209 KB)
|
DOI: 10.31571/sosial.v4i2.677
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah penerapan metode cooperative script dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa mata pelajaran IPS Terpadu di kelas VIII SMP Negeri 1 Sekadau Hulu. Variabel penelitian adalah aktivitas belajar siswa dan metode cooperative script. Subjek penelitian yaitu siswa VIII C. Metode penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas dan bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kolaboratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung dan dokumenter. Alat pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode cooperative script dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Aktivitas belajar siswa pada pra siklus menunjukkan siswa aktif sebesar 43,76% dan siswa tidak aktif sebesar 56,2%, pada skilus I siswa aktif sebesar 57,66% dan siswa tidak aktif sebesar 33,63%, sedangkan siklus II siswa aktif sebesar 74,22%, siswa tidak aktif sebesar 25,78%. Kata Kunci: cooperative script, aktivitas belajar.
MOTIVASI MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GEOGRAFI MENGIKUTI ORGANISASI INTRA KAMPUS
Norsidi, Norsidi
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 4, No 2 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (468.025 KB)
|
DOI: 10.31571/sosial.v4i2.659
Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) Motivasi mahasiswa mengikuti kegiatan organisasi mahasiswa; (2) Faktor yang menjadi penyebab sebagian mahasiswa tidak mengikuti organisasi mahasiswa; dan (3) Pentingnya mengikuti organisasi intra kampus bagi mahasiswa. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi mahasiswa mengikuti kegiatan organisasi intra kampus untuk menambah pengalaman dan ilmu yang berharga serta memperdalam kemampuan manajerial dan meningkatkan public speaking; (2) Mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi kurang menyadari betapa pentingnya ikut organisasi karena berpikir bahwa dengan ikut organisasi dapat menghambat dan mengganggu waktu tempuh masa kuliah; (3) Dengan mengikuti organisasi dapat memperluas jaringan dan memperoleh banyak kenalan teman yang tujuannya akan mempermudah mahasiswa bersangkutan memperoleh informasi mengenai lowongan pekerjaan setelah pasca-kelulusan. Kata Kunci: motivasi mahasiswa, organisasi intra kampus.
SEBARAN ALUMNI PENDIDIKAN SEJARAH IKIP PGRI PONTIANAK
Hidayat, Sahid;
Purmintasari, Yulita Dewi;
Superman, Superman;
Dediansyah, Agus
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 4, No 2 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (521.829 KB)
|
DOI: 10.31571/sosial.v4i2.654
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) Daya serap alumni Program Studi Pendidikan Sejarah; (2) Masa tunggu alumni sampai mendapatkan pekerjaan; dan (3) Relevansi kurikulum dengan kebutuhan alumni di lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah survey. Populasi penelitian adalah seluruh alumni Program Studi Pendidikan Sejarah yang berjumlah 850 mahasiswa dengan jumlah sampel 263 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Analisis data yang dilakukan adalah model analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Alumni Program Studi Pendidikan Sejarah IKIP PGRI Pontianak sangat berpotensi untuk bekerja di bidang pendidikan menjadi guru Sejarah di SMA maupun guru IPS di SMP sebesar 71%, yang bekerja diluar bidang pendidikan, seperti pegawai bank, wartawan, wiraswasta sebesar 23%, sedangkan yang tidak bekerja sebesar 6%; (2) Sebanyak 63% alumni langsung mendapatkan perkerjaan, 31% tidak langsung berkerja, dan 6% tidak bekerja; dan (3) Sebagian besar alumni mengatakan bahwa mata kuliah yang ditempuh saat perkuliahan cukup relevan dengan apa yang dibutuhkan di dunia kerja dengan persentase 50%, yang menyatakan relevan sebanyak 42%, kurang relevan 5%, dan tidak relevan 3%. Kata Kunci: sebaran, alumni, Pendidikan Sejarah.
ANALISIS PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA KURIKULUM 2013
Sadikin, Muhammad
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 4, No 2 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (373.955 KB)
|
DOI: 10.31571/sosial.v4i2.660
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis: (1) Perencanaan pembelajaran sejarah dengan pendekatan saintifik; (2) Pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan pendekatan saintifik; (3) Proses evaluasi dalam pembelajaran sejarah dengan pendekatan saintifik; dan (4) Kendala-kendala yang dihadapi dalam pembelajaran sejarah dengan pendekatan saintifik. Penelitian dilakukan di Madrasah Aliyah Negeri Ketapang Kalimantan Barat. Bentuk penelitian deskriptif kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus tunggal terpancang. Siswa kelas XI menjadi subjek dalam penelitian. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumen/arsip. Validasi data dilakukan melalui triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru telah menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dengan pendekatan saintifik; (2) Proses pelaksanaan pembelajaran sejarah dengan pendekatan saintifik; (3) Teknik penilaian pembelajaran sejarah dengan pendekatan saintifik yang meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik; dan (4) Kendala yang dihadapi adalah minimnya sumber belajar, pemahaman guru tentang pembelajaran sejarah, dan ketidaksesuaian antara silabus dengan buku siswa. Kata Kunci: Kurikulum 2013, pembelajaran sejarah, pendekatan saintifik.
KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI SECARA LISAN MELALUI METODE BERCERITA DI KELAS RENDAH SD NEGERI 34 PONTIANAK
Ralasari, Tri Mega;
Darmayanti, Fitri
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 4, No 2 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (447.087 KB)
|
DOI: 10.31571/sosial.v4i2.655
Tujuan penelitian adalah agar anak dapat berkomunikasi dengan alat atau tanpa alat untuk menyampaikan pesan/informasi melalui bercerita dengan rasa menyenangkan. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling yang dikemas dalam layanan informasi berkenaan dengan tema Mengenal Diriku. Metode cerita yang dibawakan merupakan variabel tindakan yang dikemas harus menarik dan mengundang perhatian anak dan tidak lepas dari tujuan pendidikan bagi anak TK/SD. Metode ini akan menstimulasi dan memotivasi anak untuk mengeluarkan pendapat, mengemukakan pendapat tentang tokoh-tokoh dalam suatu cerita tertentu. Dari hasil tindakan diperoleh hasil dengan kriteria tinggi sehingga penggunaan media bercerita memberikan pengaruh tinggi dalam meningkatkan kemampuan membaca cerita anak di SD Negeri 34 Pontianak. Kata Kunci: komunikasi lisan, metode cerita, kelas rendah.
SUMBANGAN PENDAPATAN MASYARAKAT NELAYAN DENGAN MENGGUNAKAN PUKAT GILL NET
Suherdiyanto, Suherdiyanto;
Seli, Yuri Mitra
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 4, No 2 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (496.661 KB)
|
DOI: 10.31571/sosial.v4i2.661
Penelitian bertujuan untuk memperoleh informasi yang objektif tentang sumbangan pendapatan masyarakat nelayan melalui pukat Gill Net Desa Sungai Jaga B di Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Bengkayang. Metode yang digunakan adalah survey. Populasi penelitian sebanyak 26 orang nelayan. Pengumpulan data yang dikumpulkan terdiri dari data primer dan sekunder. Data primer yang dikumpulkan berupa data perikanan tangkap, data diri nelayan, dan data tingkat pendapatan. Pengambilan sampel (responden) penelitian dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian adalah: (1) Pendapatan rata-rata nelayan menggunakan pukat Gill Net adalah Rp 456,142,85 per-trip; (2) Pendapatan rata-rata nelayan menggunakan pukat udang adalah Rp 188.000 per-trip; (3) Pendapatan rata-rata nelayan menggunakan alat tangkap tradisonal (julok) adalah Rp 283.333,33 per-trip; (4) Nelayan pancing mendapatkan rata-rata sebesar Rp 3.244.000,00; (5) Sumbangan pendapatan melalui nelayan pukat Gill Net rata-rata sebesar 96,65 %. Kata Kunci: sumbangan pendapatan, nelayan, pukat Gill Net.
ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA PADA PELAYANAN PROGRAM STUDI PPKN
Rohani, Rohani;
Rianto, Hadi
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 4, No 2 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (481.958 KB)
|
DOI: 10.31571/sosial.v4i2.656
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa terhadap pelayanan Program Studi PPKn. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian survey. Sampel penelitian berjumlah 182 mahasiswa. Adapun hasil penelitiannya yaitu tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kualitas pelayanan administrasi Program Studi PPKn mencapai 70,58% dengan kategori “Baikâ€. Sementara tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kualitas pelayanan pengajuan judul, seminar, dan skripsi Program Studi PPKn mencapai 72,28% dengan kategori “Baikâ€. Selanjutnya tingkat kepuasan mahasiswa terhadap kualitas pelayanan dosen penasehat akademik Program Studi PPKn mencapai persentase 70,23% dengan kategori “Baikâ€. Kata Kunci: kepuasan, pelayanan, program studi.
PERSEPSI MAHASISWA TENTANG KETERAMPILAN VARIASI MENGAJAR DOSEN
Setriani, Loli
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 4, No 2 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (302.319 KB)
|
DOI: 10.31571/sosial.v4i2.662
Penelitian bertujuan untuk mendapatkan, menganalisis, dan menginterpretasi data keterampilan mengadakan variasi mengajar dosen pada mata kuliah Strategi Belajar Mengajar di Program Studi Pendidikan Geografi STKIP PGRI Sumbar. Jenis penelitian adalah deskriptif. Populasi penelitian adalah mahasiswa BP 2013 A dan B Program Studi Pendidikan Geografi STKIP PGRI Sumatera Barat Semester Ganjil 2016/2017. Penentuan sampel menggunakan teknik total sampling dengan jumlah 70 responden. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Kualitas variasi suara dosen menurut persepsi mahasiswa cukup baik dengan persentase 47,80%; (2) Kualitas pemusatan perhatian dosen menurut persepsi mahasiswa cukup baik dengan persentase 45,70%; (3) Kualitas kesenyapan yang diciptakan dosen menurut persepsi mahasiswa cukup baik dengan persentase 49,72%; (4) Kualitas kontak pandang dosen menurut persepsi mahasiswa cukup baik dengan persentase 48,80%; (5) Kualitas mimik dan gerak badan dosen menurut persepsi mahasiswa cukup baik dengan persentase 55,80%; dan (6) Kualitas pergantian posisi dosen menurut persepsi mahasiswa cukup baik dengan persentase 53,90%. Kata Kunci: persepsi mahasiswa, keterampilan, variasi mengajar.
INTERNALISASI TRADISI ROBO-ROBO SEBAGAI SUMBER SEJARAH LOKAL DI KELAS X SMA NEGERI 2 KABUPATEN MEMPAWAH
Suwarni, Suwarni;
Ulfah, Mutiah
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 4, No 2 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (328.229 KB)
|
DOI: 10.31571/sosial.v4i2.657
Penelitian bertujuan untuk mengetahui internalisasi tradisi Robo-Robo sebagai sumber sejarah lokal di kelas X SMA Negeri 2 Kabupaten Mempawah. Metode penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Bentuk penelitian menggunakan studi kasus. Sumber data penelitian adalah informan/narasumber, tempat/lokasi, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung, komunikasi langsung, dan studi dokumenter. Validitas data dengan teknik triangulasi. Teknik analisis data meliputi data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian adalah penyampaian materi dilakukan oleh guru dengan optimal, guru tidak hanya menyampaikan materi pelajaran sejarah, namun juga menghubungkannya dengan sejarah lokal yang terdapat di sekitar siswa. Strategi dilaksanakan dengan menjelaskan fakta-fakta sejarah yang dekat dengan kehidupan disekitar siswa. Pemahaman siswa terhadap tradisi Robo-Robo sebagai sumber sejarah lokal terlihat dari keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: internalisasi, tradisi Robo-Robo, sumber sejarah lokal.
PENGARUH PEMBERIAN CORRECTIVE FEEDBACK PEKERJAAN RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN 1 PONTIANAK
Sariani, Novita
Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial Vol 4, No 2 (2017): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Publisher : IKIP PGRI Pontianak
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (322.594 KB)
|
DOI: 10.31571/sosial.v4i2.652
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pemberian corrective feedback pekerjaan rumah (PR) dalam pelajaran Geografi pada materi Atmosfer terhadap hasil belajar siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. Metode penelitian adalah eksperimen yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen (XE) dan kelas kontrol (XC). Masing-masing kelas diberi perlakuan yang berbeda, di kelas eksperimen diberikan corrective feedback sedangkan kelas control tidak diberikan corrective feedback. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu teknik pengukuran dan observasi langsung. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian yaitu tes hasil belajar dan pedoman observasi. Adapun teknik analisis data dengan menggunakan rumus mean dan tes normalitas dengan uji Shapiro Wilk dan Liliefors (adaptasi dari Kolmogorof Sminorv), t-test dan analisis effect size. Penelitian dilaksanakan di kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak. Populasi penelitian sebanyak 272 siswa, sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian corrective feedback berpengaruh tinggi terhadap hasil belajar siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Pontianak dengan nilai effect size sebesar 1,8. Kata Kunci: corrective feedback, pekerjaan rumah, hasil belajar.