JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh para pakar secara double blind peer review system. JE menerima tulisan atau karya ilmiah hasil-hasil penelitian dibidang Ilmu Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi, yang belum pernah dipublikasikan dalam jurnal lainnya.
Articles
11 Documents
Search results for
, issue
"Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 608 - 743"
:
11 Documents
clear
THE EFFECT OF JOB DESIGN AND COMPENSATION TOWARD EMPLOYEE SATISFACTION AT PT BNI TBK MANADO
Surina, Ni Wayan;
Pangemanan, Sifrid S.;
Tumiwa, Johan
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 608 - 743
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (419.559 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.3.3.2015.9534
Abstract: The management of each company in the market today will definitely consider the satisfaction of employees, either for manufacturing or services .The process of preparing a variety of tasks and responsibilities for individuals to do their work and set design their work is very important: not only is the basis of individual satisfaction and achievement at work, but create work that is done in an efficient, economical, reliable and secure. The purpose of this research is to know the effect of job design and compensation toward employee satisfaction at PT BNI Manado simultaneously and partially. Find out the influence of Job Design and Compensation on the satisfaction of employee. This result employees regression analysis using primary data of 50 employees PT. BNI as the respondent of this research. The result of this research show that Job Design influence the Employee Satisfaction positively, significantly, and partially influence and that Compensation partially influence positively and significantly the Employee Satisfaction. It is shown also that above Job Design and Compensation simultaneously influence positively and significantly Employee Satisfaction. Keywords: job design, compensation, employee satisfaction
EVALUASI EFEKTIVITAS PENGELOLAAN TAMAN WISATA ALAM BATUPUTIH DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENDAPATAN MASYARAKAT
Nuralam, Nuralam Nuralam;
Walangitan, Hengki D.;
Langi, Martina A.
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 608 - 743
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (398.283 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v3i3.9560
Taman Wisata Alam (TWA) Batuputih memiliki potensi wisata alam yang bagus, namun tidak banyak masyarakat sekitar yang mengambil peluang usaha, ataupun melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat efektivitas pengelolaan TWA Batuputih dan menganalisa dampak pengelolaan TWA Batuputih terhadap pendapatan rumah tangga masyarakat sekitar. Metode untuk mengukur tingkat efektivitas metode METT (Management Effectiveness Tracking Tools), dan uji beda yang membandingkan antara pendapatan masyarakat yang aktif dan tidak aktif dalam wisata alam. Hasil penelitian menunjukkan tingkat Efektivitas pengelolaan TWA Batuputih termasuk dalam kategori cukup efektif. Dampak dari pengelolaan ini terhadap nilai ekonomi khususnya peningkatan pendapatan masyarakat sekitar ternyata masih belum dirasakan terbukti dengan dilakukannya uji beda pendapatan masyarakat yang aktif dan tidak aktif dalam wisata alam hasilnya tidak berbeda nyata. Sebaiknya pengelola perlu melakukan penambahan fasilitas wisata alam, penguatan kelembagaan pengelolaan TWA Batuputih, penerapan konsep pengelolaan kolaboratif, serta melakukan pendekatan dan koordinasi dengan pemerintah daerah dan masyarakat sekitar agar mendukung konsep pariwisata yang berkelanjutan. Â Kata kunci : pengelolaan taman wisata alam, pendapatan masyarakat sekitar, batuputih Â
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DIMEDIASI KEPUASAN PELANGGAN DAN KEPERCAYAAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PT AIR MANADO
Sukmawati, Ida;
Massie, James D.D.
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 608 - 743
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (756.173 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.3.3.2015.9573
Pembayaran rekening pelanggan tepat waktu sebagai representasi loyalitas pelanggan berperan penting untuk menunjang keberlangsungan hidup perusahaan publik air seperti PT Air Manado. Peningkatan efisiensi penagihan rekening PT Air Manado dapat dilakukan dengan berbagai upaya antara lain meningkatkan kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan dan kepercayaan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan, kepercayaan pelanggan dan loyalitas pelanggan , untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan dan kepercayaan pelanggan PT Air Manado. Populasi penelitian ini adalah para pelanggan PT Air Manado, jumlah sampel 161 responden, tenik probability sampling dan metoda pengumpulan data angket terbuka. Metoda Penelitian menggunakan Path Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh: (1) signifikan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan (2) tidak signifikan Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan; (3) tidak signifikan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan (4) signifikan Kepuasan Pelanggan terhadap Kepercayaan Pelanggan; (5) signifikan Kualitas Pelayanan terhadap Kepercayaan Pelanggan; (6) tidak signifikan Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan; (7) signifikan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan dimediasi Kepuasan Pelanggan; (8) tidak signifikan Kualitas Pelayanan terhadap Loyalitas Pelanggan dimediasi Kepercayaan Pelanggan di PT Air Manado. Kata kunci : kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan, kepercayaan pelanggan, loyalitas pelanggan
PENGARUH DISIPLIN KERJA, MOTIVASI DAN PENGAWASAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PERTAMINA (PERSERO) UNIT PEMASARAN VII, TERMINAL BBM BITUNG
Sondole, Erlis Milta Rin;
Nelwan, Olivia Syanne;
Palandeng, Indrie Debbie
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 608 - 743
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (887.982 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.3.3.2015.9536
Abstrak: Setiap perusahaan baik swasta maupun pemerintah akan berupaya menigkatkan kinerjanya agar dapat bersaing didunia bisnis. Disiplin ialah suatu kesadaran dari individu atau kelompok untuk mematuhi peraturan. Motivasi ialah suatu konsep pemikiran yang terarah untuk melakukan sesuatu. Pengawasan ialah pengendalian menyeluruh terhadap peraturan perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh disiplin kerja, motivasi dan pengawasan terhadap kinerja karyawan pada PT. Pertamina (Persero) Unit Pemasaran VII Terminal BBM Bitung. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Populasi penelitian berjumlah 100 karyawan dan jumlah responden 50 dengan menggunakan metode simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan disiplin kerja, motivasi dan pengawasan secara bersama-sama berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kinerja karyawan pada PT. Pertamina (Persero) Unit Pemasaran VII Terminal BBM Bitung. Sebaiknya pimpinan PT. Pertamina (Persero) Unit Pemasaran VII Terminal BBM Bitung lebih memperhatikan disiplin kerja, motivasi dan pengawasan karena dapat mendukung kinerja karyawan. Kata kunci: disiplin kerja, motivasi, pengawasan, kinerja karyawan
PENGARUH KONFLIK DAN STRES KERJA TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA DIMEDIASI OLEH KEPUASAN KERJA KARYAWAN UNIVERSITAS KATOLIK DE LA SALLE MANADO
Lucia, Roosalina Hera;
Kawet, Lotje;
Trang, Irvan
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 608 - 743
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (494.696 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.3.3.2015.9565
Abstrak: Salah satu sasaran utama dari Universitas Katolik De La Salle yakni peningkatan dan pengembangan produktivitas kerja sehingga hal ini sebagai salah satu indikator pengukuran kemajuan organisasi. Salah satu elemen utama pendukung produktivitas kerja yakni karyawannya dengan sumber daya mereka. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh konflik terhadap kepuasan kerja, stres kerja terhadap kepuasan kerja, konflik terhadap produktivitas kerja, stres kerja terhadap produktivitas kerja, dan kepuasan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan Universitas Katolik De La Salle Manado. Responden adalah tenaga pendidik dan kependidikan serta unit penunjang di Universitas Katolik De La Salle Manado sebanyak 103 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi dan dokumentasi. Untuk pengujian hipotesa, teknik yang digunakan adalah analisis jalur, dan pengelolaan data menggunakan SPSS 20. Hasil penelitian adalah: (1) Konflik berpengaruh terhadap Kepuasan Kerja, (2) Stres kerja berpengaruh terhadap Kepuasan Kerja, (3) Konflik berpengaruh terhadap Produktivitas Kerja, (4) Stres Kerja tidak berpengaruh terhadap Produktivitas Kerja, (5) Kepuasan Kerja berpengaruh terhadap Produktivitas Kerja karyawan Universitas Katolik De La Salle Manado. Saran bagi pimpinan Universitas Katolik De La Salle adalah agar membangun komunikasi yang baik, karena komunikasi merupakan salah satu kunci dalam mengelola konflik dan stres kerja.  Kata kunci: konflik, stres kerja, kepuasan kerja, produktivitas kerja
PENGARUH LINGKUNGAN KERJA, MOTIVASI, PELATIHAN DAN KOMPENSASI, TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PERTANIAN KABUPATEN SORONG SELATAN
Saleleng, Max;
Soegoto, Agus Supandi
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 608 - 743
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (591.165 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.3.3.2015.9656
Faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai dalam melaksanakan tugas adalah lingkungan kerja baik lingkungan kerja fisik dan non fisik. Motivasi kerja adalah keinginan dalam diri yang mendorong seseorang untuk dapat melakukan sesuatu dengan sebaik mungkin dan ingin mendapatkan hasil yang sebaik mungkin pula dan pemberian kegairahan bekerja kepada pegawai. Pelatihan terhadap pegawai dimaksudkan untuk meningkatkan keterampilan kerja karyawan. Kompensasi sangat penting bagi pegawai yang bekerja dalam suatu organisasi sehingga dapat meningkatkan kinerja. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Kerja, Motivasi, Pelatihan, dan Kompensasi secara simultan maupun parsial terhadap Kinerja Pegawai. Metode penelitian asosiatif, untuk melihat keterhubungan antar variabel. Responden penelitian  berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah Regresi Berganda.  Hasil penelitian menunjukan: Lingkungan Kerja, Motivasi, Pelatihan, dan Kompensasi baik secara bersama maupun parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pada Dinas Pertaniaan Kabupaten Sorong Selatan. Sebaiknya pimpinan Dinas Pertaniaan melakukan perbaikan atau menetapkan kebijakan tentang aturan-aturan kerja yang diarahkan pada peningkatan kinerja pegawai, dengan cara memperhatikan pengaruh dari lingkungan kerja, motivasi kerja, pelatihan, dan kompensasi sebagai elemen yang memberi dampak terhadap kinerja pegawai.  Kata kunci : lingkungan kerja, motivasi, pelatihan, kompensasi, kinerja pegawai
EVALUASI PENERAPAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PENGELUARAN KAS PADA KANTOR PENGADILAN AGAMA TONDANO
Bawiling, Cindy
Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 608 - 743
Publisher : Universitas Sam Ratulangi
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (418.884 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.3.3.2015.9533
Transaksi-transaksi dari kegiatan ekonomi yang dilakukan, sebagian besar melibatkan kas, baik itu penerimaan maupun pengeluaran. Administrasi dari sudut pengeluaran berkenaan dengan suatu rangkaian kegiatan berdasarkan sistem dan prosedur yang konsisten dengan organisasi dan tata kerja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mengevaluasi kesesuaian sistem pengendalian internal pengeluaran kas yang diterapkan pada Kantor Pengadilan Agama Tondano dengan mekanisme pelaksanaan pembayaran atas beban anggaran belanja negara dalam konsep pengendalian internal menurut sistem akuntansi yang berlaku di pemerintah. Penelitian ini dilakukan di Kantor Pengadilan Agama Tondano pada bagian Keuangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif komparatif, yaitu dengan memaparkan sistem dan prosedur pengeluaran kas yang diterapkan pada Kantor Pengadilan Agama Tondano, dan membandingkannya dengan referensi yang berkaitan dengan pengendalian internal kas. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa secara umum, sistem pengendalian internal terhadap pengeluaran kas yang dilakukan oleh Kantor Pengadilan Agama Tondano telah berlangsung dengan baik sesuai dengan peraturan yang berlaku. Sebaiknya Kepala Kantor Pengadilan Agama Tondano meningkatkan perhatiannya terhadap pengendalian internal organisasi yang dipimpinnya. Â Kata kunci: sistem prngendalian internal, pengeluaran kas
THE EFFECT OF WORK ENVIRONMENT AND COMPENSATION TOWARD EMPLOYEE PERFORMANCE AT THE OFFICE OF STATE ASSETS AND AUCTION SERVICE MANADO
Tulenan, Samuel
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 608 - 743
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (454.096 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v3i3.9561
Abstract: It is now required for organizations to have qualified human resources in order to achieve their goals. Employees do not only determine what the organization will be but also how it will grow to be a better entity. It is better for organization to have good and qualified employees. The purpose of this research is to find the effect of Work Environment and Compensation toward Employee Performance at State Asset and Auction Service Office Manado. This research is a causal research using quantitative approach. The data was taken using questionnaire to 36 respondents which are the employee of State Asset and Auction Service Office Manado by using saturated sampling method. Multiple regression analysis method is applied in this research. Research result shows that Work Environment and Compensation have significant positive effect on Employee Performance simultaneously. Also, Work Environment has significant positive effect on Employee Performance, while Compensation has positive influence but not significant on Employee Performance partially. As the recommendation, it is better for the company to keep a good quality of their working environment and maintain fair compensation system for their employees. Keywords: work environment, compensation, employee performance.
ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DALAM MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PADA PT. BANK ARTHA GRAHA INTERNASIONAL, TBK
Tanor, Melissa Olivia;
Sabijono, Harijanto;
Walandouw, Stanley Kho
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 608 - 743
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (495.867 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v3i3.9535
Abstrak: Bank sebagai badan usaha di bidang keuangan yang memiliki berbagai jasa yang dapat digunakan oleh pengguna jasa. Bank secara periodik wajib membuat laporan keuangan untuk dapat mengetahui tingkat keuangan yang dimiliki dan kondisi keuangan Bank tersebut. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis laporan keuangan dalam mengukur kinerja keuangan pada PT. Bank Artha Graha Internasional, Tbk Jakarta. Metode analisis data adalah analisis deskriptif komparatif. Dari laporan keuangan Bank kemudian dianalisis likuiditas, solvabilitas, dan profitabilitas untuk mendapatkan perbandingan hasil pada tiap tahun dan akan disesuaikan dengan standar Bank Indonesia (BI) yang dapat dianalisis untuk mengukur seperti apa tingkat keuangan dan kinerja bank tersebut. Hasil penelitian menunjukan, likuiditas Bank Artha Graha mampu memenuhi kewajiban jangka pendek yang dimiliki. Hasil solvabilitas memperlihatkan kemampuan bank dalam permodalan yang dimiliki mampu untuk menutupi penurunan maupun kerugian. Hasil profitabilitas memperlihatkan bank memiliki hasil rasio yang terus meningkat. Ketiga rasio keuangan sesuai dengan standar yang ditentukan BI. Kondisi keuangan Bank Artha Graha masih dalam keadaan baik dan dapat memenuhi kewajiban terhadap pihak ketiga. Manajemen Bank Artha Graha sebaiknya terus melakukan pengelolaan keuangan dengan baik, agar tidak terjadi penurunan yang dapat menyebabkan bank menjadi tidak sanggup untuk menyelesaikan masalah keuangan yang ada nantinya.  Kata kunci: analisis, laporan keuangan, kinerja keuangan
PENGARUH KOMPENSASI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI MELALUI MOTIVASI KERJA PADA BALAI PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEAGAMAAN MANADO
Paita, Sulistiawati;
Tewal, Bernhard;
Sendow, Greis M,
Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol 3, No 3 (2015): Jurnal EMBA, HAL 608 - 743
Publisher : FEB Universitas Sam Ratulangi Manado
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (801.293 KB)
|
DOI: 10.35794/emba.v3i3.9562
Abstrak: Kinerja pegawai merupakan bagian terpenting dalam upaya untuk mencapai tujuan organisasi. Untuk itu perlu diupayakan agar supaya kinerja pegawai meningkat, hal ini dapat dilakukan dengan berbagai cara antara lain melalui kompensasi, lingkungan kerja, dan motivasi kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompensasi, lingkungan kerja, dan motivasi terhadap kinerja pegawai, untuk mengetahui pengaruh kompensasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja melalui motivasi kerja pegawai Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Manado. Metode penelitian menggunakan analisis jalur, merupakan teknik statistik yang digunakan untuk menguji hubungan kausal yaitu hubungan antara kompensasi, lingkungan kerja, motivasi dan kinerja pegawai Balai Pendidikan dan Pelatihan Keagamaan Manado. Hasil penelitian menunjukkan kompensasi memberi pengaruh langsung kepada kinerja, lingkungan kerja memberi pengaruh langsung kepada kinerja, motivasi memberi pengaruh langsung kepada kinerja, kompensasi memberi pengaruh tidak langsung kepada kinerja melalui motivasi, dan lingkungan kerja memberi pengaruh tidak langsung kepada kinerja melalui motivasi. Sebaiknya kompensasi diberikan lebih merata terutama dalam pelibatan pada setiap kegiatan-kegiatan kediklatan. Lingkungan kerja yang kondusif dimana fasilitas-fasilitas ada dan dukungan dari teman sejawat dalam pelaksanaan tugas. Motivasi kerja yang baik dimana setiap pegawai dilibatkan dalam pelaksanaan pekerjaan dan atasan memberikan arahan dan instruksi.  Kata kunci : kompensasi, lingkungan kerja, motivasi kerja, kinerja