cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE)
ISSN : 24610690     EISSN : 27149935     DOI : -
Publication media for Scientific Research of Software Engineering.
Arjuna Subject : -
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2021): IJSE 2021" : 14 Documents clear
SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN BANK SAMPAH SAMPURNA BERKAH BERBASIS WEBSITE Suleman Suleman; Nuzul Imam Fadlilah; Angga Ardiansyah; Sandra Jamu Kuryanti
Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) Vol 7, No 1 (2021): IJSE 2021
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/ijse.v7i1.10408

Abstract

Sampah merupakan salah satu permasalahan yang cukup serius untuk berbagai wilayah di Indonesia, baik perkotaan maupun di perdesa, salah satunya yaitu sampah atau limbah rumah tangga, salah satu cara untuk mengurangi permasalahan tersebut yaitu dengan melibatkan masyarakat unutk menyelesaikan permasalahan tersebut melalui bank sampah. Bank sampah sampurna berkah yang berada di desa sidapurna merupakan salah satu bank sampah yang ada di kabupaten tegal. Dalam proses pengolahan dan penyimpanan data nasabah bank sampurna berkah masih menggunakan cara manual yaitu dengan mencatat setiap transakasi kedalam buku, sehingga sering kali timbul permasalahan seperti data rusak atau hilang, duplikasi data, serta buku laopran yang semakin lama semakin banyak dan menumpuk. Sehingga membutuhkan cara untuk memecahkan permasalahan tersebut yaitu dengan dibangunnya sistem infromasi yang bebasis website agar memudahkan petugas bank sampah dalam mencatat setiap transaksi serta pencatatan data yang lebih cepat dan akurat. Pembuatan Sistem informasi bank sampah ini mengguakan framework codeigniter dan menggunakan metode waterfall.Kata Kunci: Sistem informasi bank sampah; codeigniter; website
ANALISA MINAT SISWA MI MUHAMMADIYAH SUMILIR TERHADAP GAME ONLINE MENGGUNAKAN TAM Fanny Fatma Wati; Ratna Kurnia Sari; Recha Abriana Anggraini
Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) Vol 7, No 1 (2021): IJSE 2021
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/ijse.v7i1.10008

Abstract

Teknologi informasi dan komunikasi ini banyak sekali memiliki peranan dan dampaknnya dalam berbagai bidang, terutama gadget. Meningkatnya penggunaan gadget atau alat-alat yang dapat dengan mudah terkoneksi internet ini, mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui minat siswa terhadap game online menggunakan Technology Acceptance Model. Metode penelitian yang digunakan yaitu Technology Acceptance Model dengan 3 variabel = Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use dan Attitude Toward Using. Populasi pada penelitian ini adalah siswa MI Muhammadiyah Sumilir, dengan sampel seluruh siswa kelas 5 dan 6. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis menggunakan SPSS 25, analisis data dengan menggunakan Independent Sample T-Test untuk uji pihak kanan pada angket dengan α= 0,05. Pada pengujian Uji F diperoleh fhitung sebesar 12.599, kemudian pada uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai Sig. sebesar 0,000 karena 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak. Dari hasil dua pengujian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Technology Acceptaned Model dapat mempengaruhi Minat Siswa MI Muhammadiyah Sumilir Terhadap Game Online.
APLIKASI PENENTUAN KELAYAKAN PINJAMAN DANA PADA KSP XYZ BERBASIS ANDROID Vadlya Maarif; Ina Maryani; Ahmad Novel
Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) Vol 7, No 1 (2021): IJSE 2021
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/ijse.v7i1.10410

Abstract

Era digitalisasi memang menuntut semua aspek kehidupan pun harus mengikuti tuntutan tersebut. Tak terkecuali dalam dunia perbankan atau dunia ekonomi. Sebagai contoh disini adalah proses penilaian uji kelayakan sebuah pinjaman di salah satu koperasi, sebut saja koperasi simpan pinjam (KSP) XYZ. Proses yang tadinya manual harus mengisi form dan lain sebagainya akan diubah menjadi proses yang terkomputerisasi atau digital sekalipun agar proses lebih cepat, efektif dan efisien. Permasalahan yang kadang rasakan manajer selaku pengambil keputusan dalam proses Penentuan Kelayakan Pinjamanan Dana. Manajer juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menilai nasabah, karena penilaian dilakuan secara manual. Adapun android mobile yang menggunakan peralatan yang diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Pada penelitian kali ini metode yang digunakan adalah wawancara pada pihak terkait seperti manajer, supervisor dan petugas KSP serta studi kepustakaan. Aplikasi yang dihasilkan dirancang menggunakan aplikasi Basic for Android (B4A). Harapannya, aplikasi yang dihasilkan dapat membantu pihak terkait diamanapun mereka berada sebagai referensi aplikasi yang digunakan atau mereka kembangkan.
SISTEM PAKAR PEMENUHAN GIZI BAGI PENDERITA DIABETES MELITUS TIPE 2 MENGGUNAKAN METODE FORWARD CHAINING BERBASIS ANDROID Paryanta Paryanta; Richard Saputro
Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) Vol 7, No 1 (2021): IJSE 2021
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/ijse.v7i1.10164

Abstract

Peran teknologi informasi dibidang kesehatan saat ini sangatlah besar, ini ditandai dengan pembuatan dan pengembangan sistem informasi atau aplikasi berbasis android yang dapat membantu menyelesaikan pekerjaan dalam segala bidang. Di bidang kesehatan penyakit Diabetes Mellitus Tipe 2 adalah salah satu klasifikasi penyakit Diabetes Mellitus (DM) dimana ada resistensi dari sel otot maupun sel jaringan lemak untuk dimasuki gula darah. Penderita DM di Indonesia menempati urutan ke-7 dunia dengan 8,5 juta jiwa dan urutan ke-6 untuk kasus kematian, dengan 90-95% adalah jenis DM tipe 2. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan membangun Sistem Pakar Pemenuhan Gizi Bagi Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2 Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Android berdasarkan berat badan, tinggi badan, jenis kelamin, pekerjaan dan golongan darah. Dalam membangun sistem tersebut metode pendekatan yang digunakan adalah metode perancangan sistem menggunakan pemodelan UML (Unified Modeling Language) dengan komponen yang digunakan yaitu usecase diagram, activity diagram, sequence diagram, dan desain interface, menggunakan bahasa pemrograman Java dengan Apache Cordova dan database menggunakan MySQL. Hasil dari penelitian ini adalah membuat Sistem Pakar Pemenuhan Gizi Bagi Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2 Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Android yang dapat membantu mempermudah masyarakat penderita diabetes mellitus tipe 2 dengan cukup menggunakan smartphone yang memiliki sistem operasi android untuk pemenuhan gizi tanpa harus mengeluarkan banyak biaya dan waktu dalam hal konsultasi dengan ahli gizi. Kata Kunci: Sistem pakar, Diabates Mellitus, Pemenuhan Gizi
Sistem Informasi Pelayanan Administasi Kependudukan Desa (M-Desa) Dengan Metode User Centered Design Yustina Meisella Kristania
Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) Vol 7, No 1 (2021): IJSE 2021
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/ijse.v7i1.8972

Abstract

Dewasa ini ketergantungan manusia akan akses informasi semakin bertambah dengan ditandainya penggunaan internet yang makin tersebar. Desa sebagai bagian terkecil dari sistem pemerintahan administratif di Indonesia, dituntut dapat mengikuti perkembangan teknologi dan terus meningkatkan kemampuannya mengelola data administrasi kependudukan desa. Saat ini masih banyak desa dalam sistem pelayanannya masih melayani secara konvensional. Pelayanan administasi kependudukan seperti pencatatan data penduduk desa dan pembuatan surat permohonan akan lebih efektif dan efisien dengan memaksimalkan penggunaan teknologi informasi, yaitu melalui pemanfaatan Sistem Informasi Pelayanan Administasi Kependudukan Desa (M-DESA) menggunakan metode User Centered Design (UCD). Metode UCD berfokus kepada pengembangan sistem berdasarkan tujuan, sifat, konteks dan lingkungan melalui pengalaman pengguna. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan studi pustaka. Dengan adanya Sistem Informasi Pelayanan Administasi Kependudukan Desa (M-DESA) dapat mempermudah masyarakat yang akan mengajukan pelayanan karena dapat diakses dimana saja melalui jaringan internet seperti pelayanan permohonan pendaftaran E-KTP, KK, AKTE dan surat-surat lainnya, Sehingga ada keterbukaan dan kemudahan dalam pelayanan antara pengurus desa dengan warganya.Kata kunci: Desa, administrasi, sistem informasi, metode User Centered Design
SISTEM INFORMASI INVENTORY BARANG MENGGUNAKAN METODE WATERFALL Sopian Aji; Dany Pratmanto
Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) Vol 7, No 1 (2021): IJSE 2021
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/ijse.v7i1.10601

Abstract

Pencatatan inventory barang atau produk yakni pencatatan pengeluaran dan pemasukan, pencatatan pengeluaran merupakan transaksi atau pesanan barang sesuai dengan pesan supplier atau customer kemudian dicatatan oleh tugas gudang, sedangkan pencatatan pemasukan merupakan penambahan stok barang atau produk atau produk mentah yang dicatatan oleh tugas gudang. Pada inventory barang yang diteliti oleh penulis ini dimana proses pencatatan pengeluaran dan pemasukan barang yang dilakukan masih manual dengan masih menggunakan microsoft office excel karena karena aplikasi tersebut tidak bisa menyimpan data dan informasi secara terpusat pada suatu database. Untuk mengatasi permasalahan tersebut penulis menggunakan proses yang sebelumnya manual menjadi terkomputerisasi sehingga pencatatan pengeluaran dan pemasukan barang informasi yang dihasilkan lebih tepat dan akurat dengan data ditampilkan secara terpusat sehingga lebih efektif dan efisien. Dalam pengembangan sistem yaitu Software Development Life Cycle (SDLC) dengan metode Waterfall yang berorientasi objek dan berbasis web, perancangan Sistem menggunakan tools desain United Modelling languange (UML) dengan perancangan use case diagram, activity diagram dan sequence diagram, sedangkan perancangan database menggunakan tools desain Logical Record Structure (LRS).
Informasi Surat Masuk Dan Surat Keluar Berbasis Web Pada Suatu Instansi Nouvel, Ahmad; Sutrisno, Sutrisno; Indriani, Rizkika
Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) Vol 7, No 1 (2021): IJSE 2021
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/ijse.v7i1.10181

Abstract

Perkembangan global ilmu pengetahuan dan  tekhnologi informasi sangat cepat sekali buat peradaban umat manusia, banyak jumlah surat masuk dan  surat keluar di suatu instansi, sehingga ketika sistem ini dibuat diharapkan dapat membantu kinerja yang berkaitan dengan surat-menyurat. Di saat ini, mekanisme yang diterapkan pada manajemen surat masuk dan  surat keluar pada suatu instansi mulai dari penerimaan, pembuatan, penyimpanan, pendokumentasian surat semua dilakukan secara konvensional, dengan adanya sistem informasi surat masuk dan surat keluar berbasis web ini, sehingga bisa mengurangi kesulitan dalam penyimpanan dan pencarian file surat. Waktu yang dihabiskan buat proses pencarian data-data surat lebih cepat, dan  memperbaiki manajemen dari pengarsipan surat yang telah ada. Sistem informasi surat ini memakai metode pengembangan aplikasi menggunakan model waterfall. Pembuatan sistem perangkat lunak ini memakai Atom text editor dan  database yang tersimpan di MySQL. Yang dihasilkan dari penelitian ini adalah menghasilkan sistem informasi yang mengelola surat masuk serta surat keluar sesuai alur yang di tetapkan, dan  dapat menuntaskan problem saat ini.
Analisis Strategi Sistem Persediaan Bahan Baku Pada Restoran Seafood Asap Cendrawasih Dengan Metode SWOT Novianto, Ahmad Didit; Ishaq, Ahmad; Kholil, Ishak; Sumbaryadi, Achmad; Iriadi, Nandang
Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) Vol 7, No 1 (2021): IJSE 2021
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/ijse.v7i1.9137

Abstract

Kepiting Asap Cendrawasih merupakan restoran yang menyajikan menu utama berupa sajian makanan seafood yang salah satunya berupa kepiting dan berbagai ikan laut yang disajikan dengan beberapa pilihan hidangan. Masalah yang dihadapi oleh restoran tersebut adalah belum terkomputerisasinya sistem persediaan bahan baku yang digunakan, kualitas sumber daya manusia, serta peran dalam mengelola dan mengakses sistem persediaan bahan baku tersebut. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats (SWOT), Analisa yang digunakan pada penelitian kali ini adalah analisa SWOT yang bisa mengetahui tujuan tertentu dan bisa mengkaji hal-hal yang harus diambil dalam mengambil keputusan yang strategis untuk mencapai sesuatu yang diinginkan sistem persediaan bahan baku pada Restoran Seafood Kepiting Asap Cendrawasih. Hasil dari analisis penelitian ini, posisi Restoran Seafood Kepiting Asap Cendrawasih ada di bagian kanan yang artinya sangat tidak baik. Kata kunci: Sistem Penunjang Keputusan, Sistem Strategi, Metode SWOT
Analisis Pengaruh Kualitas Sistem Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Dampaknya Pada Kepercayaan Konsumen Pada Situs Pemesanan Tiket Pesawat Zulfikar, Rachmat; Mukhayaroh, Anna; Samudi, Samudi
Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) Vol 7, No 1 (2021): IJSE 2021
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/ijse.v7i1.9831

Abstract

Perkembangan industri penerbangan saat ini sangat meningkat. Hal ini dapat dilihat dari semakin banyaknya maskapai penerbangan situs pemesanan tiket pesawat secara online yang bermunculan, membuat persaingan semakin kompetitif. Berangkat dari banyaknya faktor yang memengaruhi tingkat kepuasan konsumen terhadap penggunaan situs pemesanan tiket, maka dibuatlah sebuah perbandingan untuk mengetahui faktor apa saja yang memengaruhinya. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen terhadap penggunaan situs pemesanan tiket. AHP adalah metode penelitian yang digunakan untuk pengambilan suatu keputusan dengan menggunakan hierarki dan melakukan perbandingan pada setiap kriteria, serta alternatif yang menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Setelah melakukan penelitian, maka dihasilkan jika Traveloka merupakan situs pemesanan tiket pesawat secara online yang paling diminati oleh para pengguna traveller khususnya komunitas Himpunan Pecinta Alam Lima Tangerang (HIPALITA ALL GENERATION).
Prediksi Penyakit Diabetes Melitus Menggunakan Metode Support Vector Machine dan Naive Bayes Maulidah, Nurlaelatul; Supriyadi, Riki; Utami, Dwi Yuni; Hasan, Fuad Nur; Fauzi, Ahmad; Christian, Ade
Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE) Vol 7, No 1 (2021): IJSE 2021
Publisher : Universitas Bina Sarana Informatika

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31294/ijse.v7i1.10279

Abstract

Diabetes melitus adalah penyakit metabolik yang ditandai terjadinya kenaikan gula darah yang disebabkan oleh terganggunya hormon insulin yang memiliki fungsi sebagai hormon dalam menjaga homeostatis tubuh menggunakan cara penurunan kadar gula darah (American Diabetes Association, 2017). World Health Organization (WHO) memperkirakan jumlah penderita diabetes melitus orang dewasa diatas 18 tahun dalam tahun 2014 berjumlah 422 juta (WHO, 2016:25). Prevalensi diabetes melitus Asia Tenggara sudah berkembang dalam tahun 1980 sebanyak 4,1% dan tahun 2014 menjadi sebanyak 8,6%. Menurut Riset Kementerian Kesehatan pada tahun 2018, Prevalensi diabetes Indonesia sebanyak 2,0%, sedangkan di Provinsi Jawa Timur sebanyak 2,6% pada penduduk umur diatas 15 tahun (KEMENKES RI, 2019). Penelitian ini dikembangkan melalui pengolahan data sekunder database kesehatan Dataset Diabetes yang diambil dari dataset Kaggle dan dapat diakses melalui https://www.kaggle.com/johndasilva/diabetes. Dimana datanya sendiri terdiri dari 2000 record dengan beberapa variabel prediktor medik (Pregnancies/Kehamilan, Glucose/Glukosa, BloodPressure/Tekanan Darah, SkinThickness/Ketebalan Kulit, Insulin, BMI/Indeks Masa Tubuh, DiabetesPedigreeFunction/Keturunan, Age/Umur and Outcome/Hasil). Kemudian data tersebut akan diolah dengan menggunakan metode Support Vector Machine dan metode Naive Bayes untuk mengetahui akurasi hasil diagnosa diabetes. Berdasarkan hasil dari penelitian yang sudah dilakukan metode Support Vector Machine memiliki nilai akurasi yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan metode Naive Bayes. Nilai akurasi untuk model metode Support Vector Machine adalah 78,04% dan nilai akurasi untuk metode Naive Bayes 76,98%. Berdasarkan nilai ini, perbedaan akurasinya adalah 1,06%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Support Vector Machine mampu menghasilkan tingkat akurasi diagnosis diabetes yang lebih baik dibandingkan dengan menggunakan metode Naive Bayes.

Page 1 of 2 | Total Record : 14